10 Makanan Baik untuk Sahur: Pilihan Sehat untuk Menyambut Puasa

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Menjaga kesehatan selama bulan puasa adalah prioritas bagi banyak orang. Khususnya saat sahur, memilih makanan yang tepat dapat membantu menjaga energi dan kesejahteraan tubuh. Berikut adalah rekomendasi 10 makanan baik untuk sahur:

  1. Nasi Merah: Nasi merah adalah pilihan yang cerdas. Kandungan seratnya lebih tinggi daripada nasi putih, membantu menjaga gula darah stabil dan mengurangi rasa lapar.
  2. Sup Sayur: Sup sayur mengandung banyak air dan nutrisi penting. Sayuran di dalamnya memberikan serat, vitamin, dan mineral. Sup juga membantu menunda pengosongan lambung, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.
  3. Oatmeal: Oatmeal kaya serat dan memiliki indeks glikemik rendah. Beta-glukan dalam oatmeal membentuk jel di dalam lambung, menjaga kenyang dan mengendalikan nafsu makan.
  4. Telur: Telur mengandung protein tinggi yang membantu mengendalikan nafsu makan. Lemak dalam telur memberikan pasokan energi saat berpuasa.
  5. Ikan: Ikan kaya protein dan asam lemak omega-3. Protein membantu menunda pengosongan lambung, sementara omega-3 baik untuk kesehatan jantung.
  6. Sayuran: Kangkung, bayam, dan brokoli mengandung serat, vitamin, dan mineral. Makanan ini membantu menjaga kesehatan tubuh selama puasa.
  7. Daging: Pilih daging ayam atau daging sapi yang direbus atau panggang. Daging tanpa lemak mengandung protein dan zat besi.
  8. Kentang Rebus: Kentang mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi secara bertahap. Rebus kentang dan konsumsi bersama sayuran atau protein.
  9. Buah-buahan: Pisang, apel, atau semangka adalah pilihan yang baik. Buah-buahan segar mengandung vitamin, serat, dan air.
  10. Yogurt: Yogurt mengandung protein dan probiotik yang baik untuk pencernaan. Tambahkan buah-buahan atau biji-bijian untuk variasi sajian.

Dengan memilih makanan ini, Anda dapat menjalani puasa dengan lebih baik dan tetap bugar sepanjang hari. Selamat berpuasa! @mpa

Baca Juga :  Hukum Memainkan Rebana di dalam Masjid 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pesantren Hidayatul Hikmah Manaqiban Ramadan Bersama Ulama Palestina dan Berbagi Kebahagiaan

Sab Mar 23 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SOREANG – Pesantren Hidayatul Hikmah di Desa Gajah Mekar, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, merayakan acara manaqiban yang spesial pada Jumat (22/3/2024). Acara yang bertepatan dengan bulan suci Ramadan ini menjadi lebih istimewa dengan kehadiran Syech Ibrahim Mahmoud Mustafa Abu Mahmoud, seorang ulama terkemuka dari Palestina. Syech Ibrahim, […]