10 Produk yang Paling Banyak Dicari dan Terjual di Internet

Editor Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pandemi covid-19 yang tak kunjung berakhir masih memberikan tantangan bagi para pelaku bisnis, brand dan perusahaan. Di sisi lain teknologi digital berkembang semakin pesat, memberikan peluang bagi bisnis dan ekonomi untuk tumbuh di ranah digital dengan semakin baik lagi.

Pertumbuhan market online semakin meningkat terlebih dimasa pandemi. Hal ini disebabkan perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja mulai bergeser dari offline ke online dan penggunaan internet yang terus mengalami pertumbuhan serta ingkat kepraktisan dan kemudahan dalam belanja online dengan pasar yang luas.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, melalui rilis yang diterima VISI.NEWS, Jumat (30/7/2021), mengatakan, bahwa untuk merespon perubahan tersebut, perusahaan harus beradaptasi dan berinovasi dalam proses bisnisnya. Yang dapat dilakukan, pertama tentunya bagaimana membangun brand awareness di ranah online. Berikutnya hadir di platform dimana konsumen mencari dan membeli produk. Dan terakhir apa yang menjadi alasan seorang konsumen memilih sebuah produk.

“Yang tidak kalah penting tentu saja membangun brand equity di ranah digital. Bagaimana membuat brand yang dikelola lebih popular, memiliki reputasi yang baik dibanding pesaing, untuk membangunnya, dibutuhkan pula strategi khusus bagaimana sebuah brand menciptakan pengalaman yang berkesan bagi konsumen,” ujar Tri Raharjo, yang juga pengamat dan peniliti brand di Indonesia ini.

Lebih lanjut Tri menjelaskan, di era digital, perilaku konsumen ketika mencari produk atau brand, adalah, pertama; melakukan penelusuran di mesin pencari atau melakukan marketplace. Penelusuran yang dilakukan alih-alih untuk membeli barang, ketika ingin bertransaksi secara offline, konsumen juga melakukan penelusuran internet untuk mencari referensi produk yang dicari. Sehingga ketika datang ke toko, konsumen telah mendapatkan informasi, dan langsung menuju produk atau brand yang dipilih.

Baca Juga :  Mengurangi Dampak Covid-19, Kementerian Ketenagakerjaan Luncurkan Program JPS untuk Pokmas

Untuk melihat brand-brand pilihan konsumen, INFOBRAND.ID sebagai Indonesia Brand Media bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan consulting yang fokus pada penelitian akan perkembangan brand & bisnis di Indonesia, khususnya riset berbasis digital, menginisiasi riset Brand Choice Index, merupakan riset keterpilihan sebuah brand atas produk yang ditawarkan kepada konsumen, berdasarkan riset digital melalui platform market place atau e-commerce.

Riset Brand Choice Index berdasarkan 3 (tiga) Aspek Penilaian yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect, Digital Consumer Reviews & Rating Aspect. Riset dilakukan pada bulan April – Juni 2021, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000-an brand terriset.

Selanjutnya, Brand-brand yang lolos sebagai top 3 di kategori produk berdasarkan kriteria tersebut, ditetapkan sebagai brand pilihan konsumen dan berhak meraih penghargaan BRAND CHOICE AWARD 2021.

Dari hasil riset Brand Choice Index dari 150 kategori menunjukkan, 10 kategori produk paling banyak dicari di internet rata-rata per bulan adalah; Air Mineral Kemasan (159,8 ribu), Blender (97 ribu), Obat Maag (78,3 ribu), Printer (77,4 ribu), Helm Full Face (48,6 ribu), Mixer (42,8 ribu), Rice Cooker (41,7 ribu), Minyak Telon (40,6 ribu), Plester Luka (29,2 ribu), dan Kipas Angin (24,9 ribu).

Sementara 10 kategori paling banyak terjual di dua marketplace teratas adalah; Anti Aging (700,4 ribu), Whitening Cream (664,7 ribu), Nail Polish (471 ribu), Tisu Basah (451,7 ribu), Acne Serum (396,5 ribu), Mouse Wireless (368,9 ribu), Aloe Vera Sooting Gel (361,2 ribu), Sabun Mandi Antiseptik (345,1 ribu), Celana Dalam Pria (290,3 ribu), dan Body Mist (275 ribu).

Dan adapun brand-brand yang berhasil menjadi juara Brand Choice Award 2021 antara lain; Nutrive Benecol (Minuman Penurun Kolesterol), Mom Uung (Pelancar ASI), Mustela (Stretch Marks Cream), Mama’s Choice (Stretch Marks Cream, Diaper Bag, dan Pompa ASI), Blue Band (Mentega & Margarin), IQ Angel (Mainan Bayi), Morinaga (Susu Formula Soya), Pigeon (Botol Susu, Peralatan Makan Bayi, Dot Bayi, Pompa ASI, Sikat Pembersih Botol, Cotton Buds).

Baca Juga :  Gagasan dan Inovasi Dukung Implementasi Industri agar Mampu Berdaya Saing di Tataran Global dan Tetap Berada di Level Digitalisasi Berikutnya

“Selain itu, masih ada ratusan brand pemenang lainnya dari 1000-an brand terriset,” tutup Tri Raharjo.@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemanfaatan Lahan Pertanian Sempit di Perkotaan Diharapkan Dukung Ketahanan Pangan

Sab Jul 31 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kota Solo dengan lahan pertanian yang semakin sempit, diharapkan dapat berkontribusi dalam ketahanan pangan dengan pemanfaatan lahan yang sangat terbatas menggunakan pola urban farming. Dalam kaitan itu, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, dalam kunjungan kerja ke Kota Solo memberikan bantuan berupa 1 unit alat mesin pertanian atau […]