12.822 Pemilih Pemula di Kota Cimahi Sedang Dikebut Perekaman KTPnya

Editor ilustrasi blanko ktp./visi.news/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | CIMAHI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi melakukan pengebutan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik alias e-KTP bagi pemilih pemula mendekati Pemilu 2024. Ada 12.822 orang pemilih pemula di Kota Cimahi yang sedang dikejar perekamannya.

Jumlah itu merupakan Wajip Kartu Tanda Penduduk (WKTP) yang sudah berusia 17 tahun dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang menginjak usia 17 tahun saat pemilihan.

“Data cut off sampai 15 Januari itu ada 12.822 orang pemilih pemula, ditargetkan beres perekaman 14 Februari,” terang Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Cimahi, Sularno, Junat (26/1/2024).

Dari jumlah total pemilih pemula atau masuk kategori Gen Z yang terdata, Disdukcapil Kota Cimahi sudah melakukan perekaman sudah mencapai 81,03 persen atau sebanyak 10.254 orang. Sedangkan yang sudah dicetak KTP elektroniknya baru 6.935 orang.

“Jadi dari 12.822 itu yang sudah perekaman 10.254, udah cetak KTP-el 6.935, status pindah dan anomali 168 orang. Jadi yang belum perekaman itu 2.400 orang,” kata Sularno.

Untuk mempercepat perekaman bagi pemula itu, Disdukcapil Kota Cimahi melakukan jemput ke seluruh kelurahan, kecamatana dan sekolah untuk menyasar siswa yang sudah berusia 17 tahun. Upaya itu akan terus dilakukan untuk mengakomidir pemula di Kota Cimahi.

“Banyak Gen Z (merupakan generasi yang lahir usai era generasi milenial) yang telah kita jemput bola perekaman e-KTP ke sekolah-sekolah. Rata-rata setiap sekolah kita dapat sekitar 40,” ucap dia.

Sularno menginformasikan, selain jemput bola perekaman KTP-el juga bisa dilakukan di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berada di Jalan Aruman, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara dan di setiap kecamatan di Kota Cimahi.

“Jemput bola ini dilakukan sebagai bentuk percepatan perekaman e-KTP dengan sasaran siswa-siswa SMA sederajat untuk persiapan menghadapi Pemilu 2024,” tutur Sularno.

Baca Juga :  Untuk Efisiensi, FSGI Dukung Penghentian Dana BOS Bagi Sekolah dengan Murid Kurang dari 60 Orang

@nia

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ngonten di Kota Bandung? Coba Latar Visual Kece di Blackbox Holiday Multiverse Ini

Sen Jan 29 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Kalau anda belum punya agenda menghabiskan akhir pekan di Kota Bandung, rekomendasi dari Humas Kota Bandung yang satu ini bisa anda coba, loh! Ya, namanya Blackbox Holiday Multiverse. Pertunjukkan instalasi seni visual ini bisa anda kunjungi di Braga City Walk, Bandung. Ada apa saja sih […]