Rangkaian Kompetisi Ideathon Resmi Dibuka melalui Roadshow dan Diskusi Publik di Makassar

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | MAKASSAR -Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) yang didukung oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien, dan Kuat (ERAT) menyelenggarakan kompetisi ide Ideathon dengan tema “TONS-OF-IDEA: #BeribuIde – Orang Muda untuk Pelayanan Publik Prima”. Acara ini dihadiri dan dibuka oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB),

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, serta perwakilan dari pemerintah kabupaten/kota, mahasiswa, akademisi, dan organisasi masyarakat sipil. Kegiatan juga diisi dengan diskusi publik yang bertajuk “Pendidikan Merata untuk Semua”.

Kementerian PANRB mengajak orang muda untuk bersumbangsih menjawab tantangan pelayanan publik, khususnya di enam provinsi yaitu Banten, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara. “Untuk orang muda di seluruh Indonesia, mari
ikut berpartisipasi dan bersama-sama mencari jawaban atas kendala dan tantangan pelayanan publik di daerah. Mari manfaatkan sebaik-baiknya ruang partisipasi dan kirimkan ide terbaik untuk mewujudkan pelayanan publik prima yang diharapkan,” kata Diah Natalisa, Rabu (5/4/2023).

Plt. Kepala Biro Sekretariat Daerah Sulawesi Selatan, Rosmini Pandin mengatakan, “Saya sangat mendukung inovasi seperti ini. Hal ini merupakan salah satu upaya meningkatkan partisipasi masyarakat terutama orang muda melalui kolaborasi penjaringan ide di Sulawesi Selatan. Wajah pelayanan publik harus kita ubah dengan pelayanan publik yang modern, bersih, kompeten dan digital. Pemerintah Sulawesi Selatan sangat mengapresiasi kegiatan ideathon sebagai langkah tepat dalam upaya perbaikan pelayanan publik dari orang muda.”

Isu pendidikan yang dibahas dalam diskusi publik berangkat dari prioritas pembangunan pemerintah Sulawesi Selatan dan studi USAID ERAT terkait tata kelola pemerintahan dan layanan publik di lima kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2021, Angka Partisipasi Sekolah (APS) untuk anak usia 16-18 tahun masih terbilang rendah karena 1 dari 4 penduduk usia 16-18 tahun tidak bersekolah lagi. Persentase yang dicapai kabupaten/kota di Sulawesi Selatan berada di angka 56-84 persen, data ini menunjukan bahwa angka partisipasi sekolah masih perlu ditingkatkan lagi.

Baca Juga :  Jelang Pilkades 2023, Henhen : Selamat Berjuang, Siapapun yang Terpilih Bisa Membangun Desanya Lebih Baik

Kompetisi ideathon membuka kesempatan bagi orang muda berusia 18-35 tahun di seluruh Indonesia untuk mengirimkan ide terbaiknya membantu pemerintah menjawab tantangan pelayanan publik. Selain itu, melalui kompetisi ini diharapkan kesadaran tentang pentingnya partisipasi orang muda dalam upaya mewujudkan pelayanan publik semakin meningkat

Roadshow #BeribuIde akan berlanjut ke provinsi lainnya yaitu Banten, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera Utara. Peserta dapat mengirimkan idenya mulai dari 3 April hingga 26 Mei 2023.

Peserta dapat memberikan ide dalam bentuk gagasan, produk, sistem, aplikasi, dan platform. Pendaftaran serta informasi lebih lengkap mengenai kompetisi ini dapat diakses melalui pamflet.or.id/ideathon atau Instagram @tonsofidea.

Apa itu Ideathon?

Ideathon adalah kompetisi ide untuk orang muda yang punya keresahan soal isu pelayanan publik dan punya ide untuk menjawab permasalahan pelayanan publik di sekitarnya.

Harapannya, ide-ide segar dari para peserta dapat menjawab tantangan dan kendala pelayanan publik
yang ada. Kompetisi ide ini akan berlangsung di 6 provinsi yaitu
Banten, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara. Ideathon bertujuan untuk membuka ruang bagi orang muda untuk berpartisipasi aktif mendukung pemerintah lokal dalam perbaikan pelayanan publik dan menjaring ide inovasi pelayanan publik dari orang muda untuk merespon isu pelayanan publik di daerahnya.

Tema dan Isu Ideathon: Kompetisi Ideathon TONS-OF-IDEA mengangkat tema “Orang Muda untuk Pelayanan Publik Prima” dengan tagar #BeribuIde dan #ForBetterPublicService. Terdapat
tujuh isu berdasarkan prioritas pembangunan Nasional tahun 2023; (1) Pemerataan Infrastruktur dan Transformasi Digital, (2) Kesehatan, (3) Pendidikan dan Budaya, (4) Kesejahteraan Sosial dan Pengentasan Kemiskinan, (5) Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan, (6) Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim (7) Reformasi Tata Kelola Pemerintahan.

Baca Juga :  Salat Tarawih Empat Rakaat Satu Salam Sah Tidak? Ini Penjelasan Gus Baha

Ideathon adalah inisiatif Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) yang didukung oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien, dan Kuat (USAID ERAT). USAID ERAT adalah program berdurasi 5 tahun dari USAID yang membantu pemerintah Indonesia di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota untuk mendorong akuntabilitas, standarisasi dan implementasi kebijakan, serta merencanakan dan menggunakan anggaran secara efektif demi layanan publik yang lebih baik untuk kesejahteraan warga negara Indonesia. USAID ERAT bekerja di 30 kabupaten/kota di enam provinsi di Indonesia.@nia

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

BINAR Dukung Talent Class Batch 7 by Talenthub Kemnaker, Siap Tingkatkan Kemampuan Digital Generasi Muda

Kam Apr 6 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Kebutuhan akan talenta digital yang terus meningkat mendorong banyak pihak berupaya melakukan pengembangan kemampuan bagi para talent ready. Begitu juga dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Talenthub yang menghadirkan program Talent Class. Program yang hingga kini telah digelar sebanyak 7 batch tersebut digelar untuk menghadirkan lebih […]