15 Perguruan Tinggi di Jawa Ikut Kompetisi “Semar Livoma IV” di UNS

Editor Pertandingan perdana "Semar Livoma IV" antara tim putri UNS vs tim putri UMS./visinews/istimewa
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOLO – Agenda tahunan kompetisi Liga Voli Mahasiswa (Livoma) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, yang terhenti selama 2 tahun masa pandemi mulai digulirkan lagi dari 21 -25 November 2022, di GOR UNS kampus Kentingan.

Sebanyak 13 tim putra dan 10 tim putri dari 15 perguruan tinggi di Jawa, mengikuti kompetisi bertajuk “Semar Livoma IV” tahun 2022 untuk memperebutkan trofi bergilir Mendikbud Ristek dan piala tetap Rektor UNS. Jumlah peserta tersebut melebihi target yang ditetapkan penyelenggara, yakni 12 tim putra dan 8 tim putri.

“Pada kompetisi Semar Livoma IV ini jumlah peserta melebihi target, karena kami tidak bisa membatalkan peserta yang mendaftar. Kamu membatasi peserta putra 12 putri 8, karena keterbatasan waktu dan tempat yang juga digunakan untuk kegiatan UKM lain,” ujar Dr. Deddy Winata, penanggung jawab pertandingan kepada wartawan, Senin (21/11/2022).

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, seusai mengawali pertandingan perdana antara tim putri UNS melawan tim putri Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan pukulan servis, menyatakan, kompetisi “Semar Livoma” yang sudah digelar 3 kali terpaksa dihentikan pada 2020 dan 2021 karena pandemi.

Pada 2022 di saat pandemi belum sepenuhnya usai, katanya, hampir semua kegiatan mulai digelar secara luring, termasuk berbagai kompetisi olahraga.

“Saat ini ada 15 perguruan tinggi dari Jawa Tengah, Yogyakarta danJawa Timur yang turut berkompetisi dalam Semar Livoma 2022. Pertandingan dilaksanakan lima hari dari tanggal 21 hingga 25 November 2022, tujuannya untuk pembinaan atlet cabang olahraga bola voli agar prestisasinya semakin baik,” ujarnya.

Prof. Jamal menjelaskan, “Semar Livoma” yang merupakan agenda tahunan untuk pembinaan atlet, UNS juga melakukan pembinaan atlet cabang olahraga lain, di antaranya melalui liga basket yang belum lama juga digelar secara luring.

Baca Juga :  Penyelenggaraan Pendidikan Luar Kampus Perlu Perhatikan Kerja Sama dengan PTS Setempat

Dalam kompetisi”Semar Livoma IV” tahun 2022, selain memperebutkan tropi bergilir Mendikbud Ristek dan piala tetap Rektor UNS, pemenang juga mendapat dana pembinaan total senilai Rp 22 juta.

“Kita berharap seluruh tim bertanding secara sportif. Semoga pola-pola pembinaan olahraga bisa berjalan lebih baik lagi, tidak hanya di cabang olahraga bola voli tapi di semua cabang olahraga,” tandasnya.

Dr. Deddy menambahkan, tuan rumah tim putri UNS yang pada “Semar Livoma” 2019 berhasil memboyong piala bergilir akan berusaha mempertahankan prestasi. Sedangkan tim putra yang sebelumnya menempati peringkat empat, dalam kompetisi menggunakan sistem round robin, harus berjuang memperbaiki peringkat. @tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DPR Minta Pemerintah Pusat dan Daerah Cepat Tangani Korban Gempa Cianjur

Sen Nov 21 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani meminta pemerintah pusat dan daerah tanggap bencana menyusul gempa bumi berkekuatan 5,6 M yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) pukul 13:30 WIB. Ia menegaskan, keselamatan warga harus menjadi prioritas. Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan […]