HIKMAH: Rahasia dan Keistimewaan Puasa Senin Kamis (1)

Ilustrasi./tribunnews.com/ist.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Selain puasa wajib selama 30 hari di bulan Ramadan, umat Islam mengenal puasa hari Senin dan hari Kamis.

Puasa atau saum Senin Kamis memiliki banyak manfaat. Tidak hanya berpahala, tetapi juga baik untuk kesehatan. Pantas saja Rasulullah saw. menganjurkan umat Islam puasa Senin Kamis.

Berikut manfaat/hikmah dan keistimewaan puasa Senin Kamis untuk kesehatan tubuh kita.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dilansir dari Cleverism, bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, puasa adalah salah satu cara tercepat dan teraman.

Biasanya, ketika Anda makan, tubuh akan membakar makanan yang dikonsumsi dan digunakan untuk energi bagi tubuh Anda.

Setiap makanan tambahan yang tidak digunakan sebagai bahan bakar diubah menjadi lemak dan disimpan di dalam tubuh untuk digunakan di masa depan. Inilah yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Ketika Anda mulai berpuasa, ada lebih sedikit makanan untuk diubah menjadi energi. Oleh karena itu, tubuh Anda dipaksa untuk mulai mengubah lemak yang disimpan menjadi energi.

2. Lebih Sehat

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa puasa sebenarnya dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Ada sejumlah alasan mengapa puasa dapat membantu Anda menjalani hidup yang lebih panjang. Yang pertama berkaitan dengan metabolisme.

Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh Anda mulai melambat, yang mengarah pada hilangnya jaringan otot secara bertahap melalui proses yang dikenal sebagai sarcopenia.

Untungnya, puasa membantu mempercepat metabolisme Anda, mencegah degenerasi dan hilangnya jaringan otot.

3. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Manfaat lain yang mengesankan dari puasa adalah dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

Banyak makanan olahan yang kita makan saat ini mengandung banyak zat aditif, beberapa di antaranya beracun bagi tubuh kita.

Saat makanan dicerna dan diserap ke dalam tubuh, racun ini juga diserap ke dalam tubuh dan disimpan dalam timbunan lemak di sekitar tubuh.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Berpuasa juga membantu meningkatkan metabolisme Anda. Sistem pencernaan yang lemah biasanya memengaruhi kemampuan Anda untuk memetabolisme makanan dan membakar lemak.

Dengan berpuasa, Anda menyediakan waktu bagi sistem pencernaan Anda untuk beristirahat.

Ketika Anda makan berikutnya setelah sistem pencernaan Anda beristirahat, metabolisme Anda menerima dorongan, yang berarti bahwa tubuh Anda membakar kalori lebih efisien dan mendapatkan lebih banyak energi dari makanan yang Anda makan.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa tidak hanya bagus untuk tubuh Anda, ternyata juga baik untuk otak Anda! Berpuasa meningkatkan fungsi otak Anda dalam beberapa cara.

Pertama, puasa meningkatkan produksi hormon otak yang dikenal sebagai faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF). Pelepasan BDNF mengaktifkan sel punca di dalam otak dan mengubahnya menjadi neuron.

BDNF juga memicu pelepasan beberapa bahan kimia lain yang baik untuk kesehatan otak Anda.

Peningkatan produksi BDNF telah terbukti melindungi sel-sel otak dari perubahan degeneratif yang terkait dengan kondisi seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer, sementara kadar BDNF yang rendah telah dikaitkan dengan depresi dan beberapa masalah otak lainnya.(bersambung)@fen/sumber: tribunnews.com/bangkapos.com

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Cina Keluarkan Aturan Baru Haji yang Ketat bagi Muslim

Ming Okt 18 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Pemerintah pusat Cina telah mengeluarkan aturan baru bagi peziarah Muslim yang ingin ikut dalam ibadah haji ke Mekah di Arab Saudi. Aturan baru menetapkan bahwa hanya Asosiasi Islam Cina milik pemerintah yang diizinkan untuk mengatur perjalanan bagi peziarah dan tidak ada organisasi individu lain yang boleh […]