Kolam Retensi di Kampung Cieunteung, Kel./Kec. Baleendah, Kab. Bandung yang tengah dibangun ini diharapkan bisa mengatasi masalah banjir akibat luapan Sungai Citarum./aep sa

Akibat Hujan Deras, Banjir Masih Menggenangi Beberapa Wilayah di Kabupaten Bandung

Visi.news – Beberapa wilayah di Kabupaten Bandung, hingga Minggu (25/2) masih tergenang banjir. Para korban banjir menilai, hujan yang terjadi pasca kedatangan Presiden Jokowi ke Situ Cisanti itu sangat dahsyat, karena daerah-daerah yang sebelumnya tidak pernah kebanjiran kali ini terkena dampaknya.

“Bagaimana pun besarnya banjir sebelumnya tidak pernah menggenangi SMPN 1 Ciparay. Kali ini benar-benar dahsyat, sekolah itu terendam untuk pertama kalinya,” ungkap Ajat salah satu guru di sekolah tersebut kepada visi.news, hari ini.

Tidak hanya sekolah, katanya, banjir juga menggenangi jalan sampai depan Graha Wirakarya di Desa Magung, Kecamatan Ciparay. “Ini banjir yang sangat dahsyat dan datangnya sangat mendadak,” ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Wawan Chandra, Ketua LPM Baleendah. Katanya, setelah kedatangan Presiden Jokowi, petangnya terjadi hujan lebat dan petir yang saling bersahutan. “Akibatnya, malam itu juga Sungai Citarum meluap dan banjir langsung menggenangi kawasan Baleendah dan Dayeuhkolot,” ujarnya.

Wawan mengatakan, biasanya tanda-tanda akan banjir besar itu terlihat beberapa hari sebelumnya. “Kali ini tidak, karena sehari sebelumnya langit cerah dan permukaan air Sungai Citarum juga dalam posisi yang masih rendah, tapi tiba-tiba dalam semalam semuanya berubah. Citaruk tiba-tiba meluap, dan kawasan Dayeuhkolot serta Baleendah langsung tidak bisa dilewati kendaraan roda dua maupun empat,” ungkapnya.

Sampai hari ini, kata Iqbal warga Saparako, Majalaya, banjir juga masih menggenangi sebagian wilayah tersebut. “Banjir masih belum surut masih menggenangi wilayah Majalaya. Semoga dengan revitalisasi Sungai Citarum masalah banjir ini bisa segera teratasi,” harapnya.@asa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas