ilustrasi./net

4 Strategi Agar Tidak Cepat Lelah Saat Olahraga

Visi.news – Idealnya, olahraga dilakukan minimal selama 30 menit per hari. Namun, beberapa orang merasa cepat lelah padahal belum sampai 30 menit berolahraga. Ya, memang agar tidak cepat lelah saat olahraga dibutuhkan stamina dan tenaga yang cukup. Lalu, bagaimana ya supaya tetap kuat selama sesi olahraga tersebut?

Tips meningkatkan stamina agar tidak cepat lelah saat olahraga

1. Dengarkan tubuh Anda

Tidak masalah jika Anda ingin berlatih lebih keras dan mendorong diri Anda untuk terus olahraga. Hal ini memang bisa membangun stamina tubuh secara perlahan. Namun ingat, tubuh juga perlu istirahat.

Jika memang Anda sudah merasa sangat lelah, hal yang Anda butuhkan adalah istirahat yang sepadan dengan latihan yang sebelumnya dilakukan. Jangan memaksakan tubuh tetap berolahraga. Alih-alih meningkatkan stamina, tubuh malah akan semakin loyo.

Jika ini terjadi dan semakin memperburuk kinerja latihan Anda, berhentilah sebentar setidaknya satu hari. Anda bisa melakukan latihan yang lebih ringan dari biasanya, agar tidak cepat lelah saat olahraga, seperti lari ringan, bersepeda, atau berenang.

2. Tingkatkan intensitas dengan perlahan

Agar tidak cepat lelah saat olahraga, Anda perlu meningkatkan intensitas olahraga secara bertahap. Anda dapat memulai latihan dengan interval yang pendek seperti berlari, bersepeda, atau berenang. Anda juga bisa melakukan jenis latihan lain seperti burpees, squat, atau bahkan push up.

Anda juga bisa menambahkan repetisi ke dalam latihan Anda. Jika memang sudah terbiasa, Anda akan sanggup dan tidak akan merasa lelah saat olahraga.

3. Pertahankan durasi dan frekuensi olahraga

Membiasakan diri dan punya jadwal rutin olahraga adalah kunci agar tidak cepat lelah saat olahraga. Pada awalnya, lakukan olahraga dengan durasi yang sesuai kemampuan Anda dan tak perlu memaksakan diri.

Namun, lagi-lagi Anda harus menambahkan durasi tersebut perlahan. Kunci untuk meningkatkan stamina adalah frekuensi dan durasi olahraga yang anda lakukan. Pastikan Anda tidak hanya akan melakukan olahraga sekali dalam seminggu.

Namun, Anda perlu memenuhi rekomendasi American College of Sports Medicine, yang mencakup melakukan tiga hingga lima latihan mingguan, dengan masing-masing selama kurang lebih 20 menit.

4. Cobalah beberapa jenis olahraga

Mengganti atau melakukan latihan yang tidak itu-itu saja penting untuk membangun daya tahan tubuh dan stamina Anda. Ini juga bisa dilakukan agar tidak cepat lelah saat olahraga.

Tubuh Anda akan terbiasa dengan olahraga yang Anda lakukan setelah dua minggu. Dengan begitu, Anda bisa melakukan beberapa olahraga lainnya. Misal jika Anda biasanya olahraga lari, Anda bisa mulai melakukan muay thai, atau Anda bisa mengganti bersepeda dengan berjalan naik turun tangga. Melakukan berbagai olahraga seperti ini bisa membantu otot-otot lain lebih berkembang.@asa/hellosehat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas