K-SPSI Garut dan ribuan buruh meriahkan May Day, 1 Mei 2019/Visi.news/@wahyudin

K-SPSI Garut dan Ribuan Buruh  Meriahkan May Day

Visi.news – Mengusung tema meningkatkan siilaturahmi pemerintah, pengusaha, pekerja, dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh yang sejahtera dalam mewujudkan hubungan Industrial yang harmonis dan berkeadilan, para buruh dan aparat, serta instansi terkait berkumpul di Lapangan SOR Kerkof Jl. Merdeka Kec. Garut untuk memeriahkan Hari Buruh Sedunia atau May Day yang jatuh pada 1 Mei.
Acara pun dilengkapi dengan Senam Sehat, Pelayanan SIM, Pelayanan Kartu Identitas Anak, bazar, dan hiburan.
Acara diselenggarakan oleh DPC K-SPSI Kab.Garut, dihadiri Wakil Bupati dr. Helmi Budiman, Sekda Ir. Deni Suherlan, M.Si, Kapolres AKBP Budi Satria Wiguna, S.IK, Dandim 0611/Garut Letkol Inf Asyraf Azis, S.Sos.
Kadisnakertrans Rd. Tedi, S.Sos, M.Si,Kadis Komimpo Drs.H.Nurdin Yana,Kadis BPBD Drs. Dadi Djakaria, M.Si, Kabid Fungsional Auditor Inspektorat  Dikdik,Ketua BPJS Kab. Garut  Cecep,Kabid Damkar Wawan,
Kabid Pelatihan Disnaker, Muspika Kec. Tarogong Kidul,
para HRD dari perusahaan Kab. Garut, para buruh sekitar 1.500 orang terdiri dari PT KARDINAL,
PT JSP, PT CHANGSIN, dan PT DAMBI.

Ketua DPC K-SPSI Garut Rd. Adjat Karta Saputra,
didampingi Ketua Panitia Nur Cahyadi, S.Sos mengucapkan terima kasih kepada para buruh yang ada di kab. Garut atas kerja sama yang baik dalam pelaksanaan Hari Buruh Internasional di Kab. Garut, dan berharap ke depan menjadi buruh yang sukses dan maju.

Ditambahkan Adjat, kegiatan May Day di Kab. Garut dilaksanakan sebanyak 3 kali berturut-turut. “Hal ini merupakan kebanggaan bagi kita semua, kita harus tetap semangat, semoga semakin berkembang dan maju,” ucapnya.

Sementara itu, dalam kata sambutannya, Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini.

“Saya sampaikan terima kasih kepada semuanya,” ujarnya, seraya menambahkan, pembangunan di bidang ketenagakerjaan pada dasarnya diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan tujuan dan cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945. Mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia dijabarkan dalam pasal 28 ayat 2 UUD negara Republik Indonesia yang berbunyi setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja.

Pembangunan di bidang tenaga kerja, yaitu terpenuhinya hak dasar pekerja atau buruh yang meliputi hak mendapatkan jaminan sosial tenaga kerja, terciptanya keselamatan dan kesehatan kerja, biasa disebut dengan Trimurtif.

Menurutnya, kunci setiap persoalan atau perbedaan terselesaikan dengan baik sesuai norma yang berlaku di Indonesia yang diatur dalam UU Nomor 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan merupakan produk terbaik untuk mengembangkan hubungan dalam dunia usaha yang saling menguntungkan.

Dalam pelaksanaan peringatan Hari Buruh sedunia pada hari ini dengan aksi unjuk rasa para pekerja, hal tersebut dapat dipahami sebagai upaya pekerja dalam memperjuangkan dan  meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini yaitu untuk menyamakan persepsi mengenai tingkat kondusivitas dan meningkatkan silaturahmi serta menjaga keharmonisan antara pengusaha, pekerja, dan pemerintah,” pungkasnya.

Sementara Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, S.IK juga turut menyampaikan ucapan selamat hari buruh internasional dan mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini.

Budi berharap, para buruh ceria dan tidak ada yang bersedih, “Semoga acara ini jadi ajang silaturahmi sesama masyarakat Kab. Garut dan semoga para buruh di Kab. Garut selalu sukses dan sejahtera,” ujarnya.
Acara May Day di Kab. Garut dibuka oleh Wakil Bupati Garut dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman beberapa perusahaan untuk mengadakan acara May Day tahunan.
@wahyudin/nang s.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas