ILUSTRASI/foto istimewa/@brilio.net

Pemudik Asal Sumatra Hampir 100 Persen Sudah Kembali ke Pulau Jawa

Visi.news – Pemudik dari Pulau Sumatra belum seluruhnya kembali ke Pulau Jawa. Berdasarkan catatan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak baru mencapai 98 persen.

Pada arus mudik Lebaran PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak telah menyeberangkan sebanyak 902.678 orang ke Sumatra, namun pemudik yang baru kembali ke Pulau Jawa sebanyak 883.615 atau 98 persen.

Untuk kendaraan roda empat atau mobil, dari jumlah kendaraan yang menyeberang ke Sumatra tercatat 83.285 unit sementara yang kembali baru 76.491 unit atau sudah 99 persen.

Kendaraan roda dua tersisa 8 persen lagi yang belum kembali. ASDP telah menyeberangkan sebanyak 110.416 unti dan baru kembali ke Jawa 108.897 unit.

General Manager PT PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Solikin menyatakan, arus mudik dan balik sudah selesai dan para pemudik hampir 100 persen sudah kembali ke tempat perantauan untuk kembali beraktivitas.

“Hampir 100 persen sudah kembali, arus balik sudah selesai,” ujar Solikin, Jumat (14/6), seperti dilansir BantenNews.co.id.

Dia menuturkan bahwa ada evaluasi pelayanan arus mudik di Pelabuhan Merak, di antaranya terletak pada sistem e-ticketing yang baru pertama kali dilakukan.

Kata dia, masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi untuk mengoptimalkan sistem tersebut.

“Ada tiga evaluasi dalam pelayanan mudik yakni pertama adalah empowering atau memberdayakan SDM internal kami tentu harus lebih baik lagi, harus meningkatkan kualitas SDM terkait layanan e-ticketing, IT dan lain-lain,” terangnya.

Namun demikian dia mengaku bersyukur karena mudik tahun ini berjalan dengan lancar. @fen

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas