Marc Marquez tampil istimewa sepanjang kalender balapan MotoGP 2019./afp/lilian suwanrumpha.

Marquez Nyaris Tanpa Cela di MotoGP 2019

Visi.news – Marc Marquez berhasil mengamankan gelar juara dunia MotoGP 2019. Sepanjang musim ini, pebalap Repsol Honda itu menjalani balapan nyaris tanpa cela.

Pebalap berusia 26 itu berhasil memenangi sembilan dari 15 seri MotoGP 2019 yang telah berlangsung.

Gelar juara seri Marquez berlanjut di MotoGP Spanyol dan MotoGP Prancis. Namun di seri selanjutnya, MotoGP Italia, Marquez hanya finis kedua karena podium pertama ditempati Danilo Petrucci (Ducati).

Kegagalan itu dibayar lunas Marquez dalam empat seri berikutnya. Ia tiga kali juara di MotoGP Catalunya, MotoGP Jerman, MotoGP Ceko, dan finis kedua di MotoGP Belanda.

Di MotoGP Austria dan MotoGP Inggris, Marquez harus puas berada di podium kedua. Juara MotoGP Austria jadi milik Dovizioso sedangkan Alex Rins muncul sebagai penguasa MotoGP Inggris.

Di dua seri tersebut, Marquez sebenarnya tampil sangat kompetitif. Namun, manuver tikungan terakhir yang dilakukan Dovizioso dan Rins membuat Marquez terpaksa gigit jari karena hanya mampu finis kedua.

Marquez cepat belajar dari kesalahan tersebut. Ia balik melakukan taktik serupa saat mengalahkan Quartararo di MotoGP San Marino.

Marquez melengkapi keperkasaannya dengan merebut juara seri MotoGP Aragon dan MotoGP Thailand. Torehan itu membuat dirinya mengukir tiga juara seri secara beruntun.

Jika dilihat, Marquez tidak pernah finis di luar dua besar pada MotoGP 2019. Satu-satunya cela dalam kiprah Marquez musim ini hanya gagal finis di MotoGP Amerika Serikat.

Pebalap kelahiran Cervera itu kini mengemas 325 poin atau unggul 110 poin dari pesaing terdekat Dovizioso. Dengan empat seri tersisa, perolehan poin Marquez tidak bisa lagi dikejar Dovizioso. @fen/cnnindonesia.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas