Pjs Kades Banyusari Agus Sumarna ( ketiga dari kiri), Ketua PWI Kabupaten Bandung H. Rahmat Sudarmaji ( tengah), dan perwakilan BPBD Kusyana, difoto bersama usai acara di Banyusari, Rabu (9/10)./visi.news/apih igun.

PWI Peduli, Sumbang Air Bersih bagi Warga Banyusari

Visi.news – Warga 3 RW di Desa Banyusari Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, antusias menyambut bantuan air bersih dari keluarga besar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung. PWI bekerja sama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Disperkimtan (Dinas Permukiman dan Pertanahan) Kabupaten Bandung itu peduli terhadap warga yang membutuhkan air bersih.

Kegiatan bertajuk “PWI Peduli Air Bersih ” tersebut dilakukan pada Rabu (9/10), menyediakan 2 tangki mobil air bersih dari BPBD dan Disperkimtan yang di bagikan langsung kepada warga yang membutuhkan di RT 03, RW 03 serta warga Kompleks Halimun, Blok C. Desa Banyusari, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Air yang dibagikan berjumlah 20.000 liter.

Warga Banyusari, bergiliran menampung air bersih yang disalurkan PWI Peduli, Rabu (9/10)./visi.news/apih igun.
Ketua PWI Jabar, H. Hilman Hidayat mengatakan, pembagian air bersih sesuai dengan amanat PWI pusat tentang PWI Peduli, lembaga baru yang khusus bergerak di bidang sosial.

“Sesuai dengan instruksi dari PWI Pusat bahwa di daerah harus membentuk PWI Peduli. Kegiatannya menyangkut kegiatan sosial,” tutur Hilman didampingi Ketua PWI Kabupaten Bandung, H. Rahmat Sudarmaji.
Hilman menginstruksikan PWI kabupaten dan kota se-Jabar segera mengimplementasikan dan membentuk PWI Peduli dengan berbagai kegiatannya.

“Bantuan itu bisa berupa bantuan air bersih, seperti di PWI Kabupaten Bandung, pembagian sembako, menanam pohon, dan khitanan massal,” kata Hillman.

Sementara Ketua PWI Kabupaten Bandung H. Rahmat Sudarmaji mengatakan, untuk di Kabupaten Bandung, PWI Peduli diaplikasikan dalam bentuk pembagian air bersih kepada masyarakat.

Dia menjelaskan, berdasarkan pemberitaan awak media, di Kabupaten Bandung saat ini sedang diterjang kekeringan. Akibat kemarau berkepanjangan, sumber air menjadi kering dan masyarakat kekurangan air bersih. Bahkan, kata Rahmat banyak masyarakat yang meminta supaya dikirim air bersih.

“Atas support dari PWI Jawa Barat dan BPBD Kabupaten Bandung, hari ini kami menyalurkan air bersih kepada warga Desa Banyusari. Dalam waktu dekat, kami juga akan menyalurkan air bersih ke Desa Cilampeni yang juga kesulitan air bersih,” ujar dia.

Pantauan di lapangan, dua tangki air bersih dari BPBD Kabupaten Bandung dan Disperkimtan berkeliling di sejumlah RW Desa Banyusari.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD, Akhmad Johara melalui Kasi Logistik Asep Mahmud mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung program PWI Peduli ini, mengingat di musim kemarau ini di Kabupaten Bandung tengah dilanda kekeringan, terutama kebutuhan warga akan air bersih.

“Atas inisiatif teman-teman PWI, kami merasa terbantu untuk membantu masyarakat yang terdampak musim kemarau ini,” tutur Asep yang mewakili Akmad Johara yang tengah memantau posko penanggulangan bencana kebakaran di Kawah Putih Ciwidey.

Salah seorang warga, Nawan Sulaeman mengatakan pemberian air bersih yang dilakukan oleh PWI sangat membantu masyarakat.

“Sudah satu bulan kesulitan air. Jadi sangat membantu. Terima kasih PWI yang telah memberikan bantuan air. Ini sama dengan menyelamatkan nyawa,” ujarnya.

Sementara Nurul, warga Kompleks Halimun, Blok C, Desa Banyusari, Kecamatan Katapang, juga mengucapkan terima kasih atas bantuan air dari PWI Kabupaten Bandung.

“Sudah sekitar sebulan ini saya dan warga lainnya tidak mendapatkan air bersih, sebab air PDAM hingga saat ini tidak lancar distribusinya,” ujar Nurul.

Pjs. Kades Banyusari Agus Sumarna juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus PWI yang peduli terhadap warganya.

“Mewakili perangkat desa dan warga Desa Banyusari, kami mengucapkan terima kasih kepada PWI atas bantuan dan sumbangan air bersihnya. Semoga bantuan ini dibalas oleh Allah SWT,” pungkasnya. @pih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas