Tahap 3 progres pembangunan depan dan pinggir TTQ GBM 21, Cinunuk./visi.news/yayan sofyan.

Pembangunannya Sudah Tahap 3, TTQ Griya Bukit Manglayang 21 Wadah Kegiatan Warga yang Multifungsi

Visi.news – Keberadaan Taman Tahfidz Quran (TTQ) di Kompleks Griya Bukit Manglayang RW 21 (GBM), Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupatèn Bandung, Jawa Barat, nantinya benar-benar multifungsi. TTQ, selain bisa dimanfaatkan dan digunakan warga GBM 21, warga dari luar GBM 21 pun bisa. Demikian dikatakan H. Ajam Mustajam, selaku pembina DKM Masjid Al Mukhlisin GBM 21 di sela-sela urun rembuk membahas progres pembangunan TTQ di Joglo TTQ, Selasa (15/10) malam.
Urun rembuk tersebut dihadiri para pengurus RW GBM 21, DKM Al Mukhlisin, para ketua RT, Karang Taruna dan kader PKK.


Bagian belakang progres pembangunan TTQ GBM 21, Desa Cinunuk CileunyiTaman Tahfidz Quran GBM 21 Cinunuk Multifungsi./visi.news/yayan sofyan.

Didampingi Ketua RW GBM 21, Yayan Sofyan dan Ketua DKM Al Mukhlisin, Faisal Pikri, Ajam mengatakan, dibangunnya TTQ sejak tahun 2018 ini memang diproyeksikan agar multifungsi. Insyaallah kata Ajam, pembangunan TTQ setelah mendapatkan bantuan dana hibah Rp 150 juta dari Pemprov Jabar, dari dana CSR Bank BJB melalui Pemkab Bandung Rp 50 juta, dari pihak ke-3 dan swadaya warga GBM 21 hampir Rp 80 juta kini sudah diterapkan. Bahkan TTQ yang sudah dibangun kini sudah bisa dimanfaatkan serta digunakan warga untuk kegiatan olahraga, sosial kemasyarakat, dan keagamaan meski belum representatif.
“Insyaallah sambil menunggu bantuan Pemprov Jabar tahun 2020, TTQ benar-benar representatif,” harapnya. Menurut Ajam, pembangunan TTQ ini atas kerja sama pengurus RW GBM 21 dan DKM Al Mukhlisin. Sesuai dengan RAB katanya, dianggarkan Rp 600 juta hingga tuntas.
“Kita yakin TTQ akan terwujud karena semua telah berkomitmen dan mendapat dukungan warga GBM 21. Dibangunnya TTQ kan dari warga GBM 21 untuk warga GBM 21,” katanya.

Pusat Kegiatan

Sementara itu, ketua pelaksana pembangunan TTQ, Obing Sambas didampingi Sekretaris RW GBM 21, Deni M K Yusup dan para Ketua RW mengatakan, progres pembangunan TTQ saat ini yang tengah dikerjakan memasuki tahan 3. Di mana kata Obing, saat ini tengah membangun pagar di depan dan pinggir TTQ, termasuk mengecor gudang dan
dapur TTQ.
Menurut Obing, TTQ nantinya akan jadi pusat kegiatan masyarakat GBM 21 dan sekitarnya. “Ya, sesuai rencana, TTQ sebagai sarana membangun kemampuan motorik anak (tempat bermain), olahraga, pendidikan, sosial kemasyarakatan, keagamaan, dan bisnis. Intinya, TTQ akan menjadi pusat kegiatan kemasyarakatan warga GBM 21 dan sekitarnya untuk berkumpul dan bersilaturahmi,” ujar Obing. Selain itu, kata Obing, nantinya TTQ diproyeksikan juga jadi sarana bermusyawarah, membangun kesehatan fisik dan psikis, mulai anak-anak, remaja, pemuda hingga manula. Bahkan TTQ pun lanjut Obing sebagai tempat melaksanakan resepsi walimah dan destinasi wisata religi.
“Insyaallah TTQ yang representatif akan terwujud karena mendapat dukungan penuh warga GBM 21 menuju GBM 21 “genah, merenah, tumaninah,” pungkas Obing. @yan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas