Jalan tol./net.

Sejumlah Ruas Tol akan Naikkan Tarif

– Warga: “Kalau naikkin tarif tol tidak usah tanggung-tanggung, daripada nanti naik lagi!”

– BPJT: “Penyesuaian tarif sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 38 tahun 2014.”

Visi.news – Sejumlah ruas tol akan mengalami penyesuaian tarif pada November dan Desember 2019 ini. Ruas tol yang akan mengalami kenaikan di antaranya Tol Dalam Kota, Jagorawi, Belmera, Surabaya-Gempol, dan Palikanci.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan penyesuaian tarif sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 38 tahun 2014 tentang Jalan. Kenaikan tarif tol ini dilakukan untuk menyesuaikan pergerakan nilai mata uang.

Namun, sejumlah masyarakat mempertanyakan kenaikan tarif tol tersebut. Seperti halnya salah seorang warga Bogor, Imam mempertanyakan mengenai kenaikan yang terjadi di ruas Tol Jagorawi. Karena, menurutnya, Tol Jagorawi sudah mendapat keuntungan yang besar selama ini. “Coba tolong dihitung secara terbuka (transparan) Jagorawi ini oleh Jasa Marga, jangan sampai tertutup nih informasinya,” katanya seperti dikutip Elshinta.com, Rabu (6/11).

Sementara Muklis berharap bahwa nantinya akan ada pengumuman penurunan tarif tol.

“Saya kira masyarakat akan menyambut baik jika ada pengumuman tarif tol turun,” ujar Muklis.

Muklis juga mengibaratkannya dengan hukum permintaan yaitu apabila harga turun maka jumlah permintaan akan mengalami kenaikan.

“Kalau naikkin tarif tol tidak usah tanggung-tanggung, daripada nanti naik lagi,” kata salah seorang warga Wahidun.

Tetapi BPJT menegaskan bahwa penyesuaian tarif tol ini dilakukan secara rutin selama dua tahun sekali dan hal tersebut juga berlaku di seluruh ruas tol di Indonesia, meskipun waktu dan besaran penyesuaiannya berbeda-beda di setiap ruas tol.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya bahwa BPJT masih menunggu surat dari Badan Pusat Statistik (BPS) daerah masing-masing agar BPJT bisa melakukan penghitungan penyesuaian tarif tol.@fen

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas