Kabid Olahraga Dispora Kabupaten Garut Tito Sugito./visi.news/wahyudin.

Dispora Kab. Garut Gelar Invitasi Olahraga Tradisional

Visi.news – Para pencinta olahraga tradisional di Kabupaten Garut, Jawa Barat, turut serta berkompetisi mengikuti ajang Invitasi Olahraga Tradisional di Gelanggang Olahraga Beladiri Ciateul Kabupaten Garut, Rabu (6/11)
Kabid Olahraga Dispora (Dinas Pemuda Olahraga) Kabupaten Garut Tito Sugito menjelaskan, pada tahun ini kebetulan di anggaran perubahan pihaknya merencanakan suatu kegiatan invitasi olahraga tradisional tingkat SD.
“Diawali pada September lalu mengadakan sosialisasi terhadap para pembina olahraga tradisional yang ada di kecamatan,” ungkapnya, Kamis (7/11).
“Sebanyak 42 kecamatan kami undang. Pada hari kemarin Bapak Bubati membuka kegiatannya, tujuan kami semata-mata menjaga warisan nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat. Selain itu karena kita sudah terlalu lama terbuai pengaruh gawai. Anak-anak kita itu terlalu banyak diam di kamar kurang bergerak, artinya kurang memaksimalkan potensi tubuhnya,” ujarnya.
Lanjut Tito, itu sesuatu yang harus dilawan, harus diubah. “Mudah- mudahan melalui kegiatan invitasi olahraga tradisional itu bisa mulai ada gairah baru, ada semangat baru di anak anak bahwa ternyata olahraga itu bukan hanya berenang, lari, voli, basket, dan sebagainya. Ternyata ada olahraga tradisional yang sangat menyenangkan,” ucapnya.
Sesuai dengan amanat Undang- Undang Sistem Keluarga Nasional Nomor 3 tahun 2005 bahwa olahraga itu ada tiga, olahraga pendidikan, olahraga prestasi, dan olahraga rekreasi, nah mungkin olahraga tradisional itu termasuk olahraga rekreasi keluarga/masyarakat dan merupakan suatu kewajiban bagi pemerintah untuk memeliharanya.
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Garut H. Rudy Gunawan.
“Beliau mengapresiasi dan menyediakan hadiah sebesar Rp 18.750.000,” terang Tito. @wah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas