H Iman Irianto, Kepala Bidang Kesbangpol (kanan) didampingi Kabid KKSI Kesbangpol (kiri) saat diwawancarai wartawan, Jumat (8/11)./visi.news/apih igun.

Kesbangpol ‘Cium Aroma’ Faham Radikal di Kabupaten Bandung

Visi.news – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung telah mencium keberadaan komunitas yang diduga telah menyebarkan faham radikal ke sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA di wilayah Kabupaten Bandung. Dugaan tersebut didapat Kesbangpol dari Satintel Polres Bandung.
Kepala Bidang Kewaspadaan dan Kerja Sama Intel (KKSI) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung, Aam Rahmat mengatakan, berdasarkan informasi dari Sat Intelkam Polres Bandung dugaan itu benar adanya.
“Komunitas tersebut memang tidak terstruktur, tapi terselubung dan diduga sudah masuk ke sekolah. Sebuah komunitas diduga telah menyebarkan faham radikal ke sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Bandung,” ujar Aam pada acara sosialisasi kewaspadaan yang berlangsung di Universitar Nurtanio (Unnur), Margahayu, Jumat (8/11).
Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung Iman Irianto mengatakan, faham radikal memang belum jelas mengarah ke mana. Apa premanisme atau bukan.
“Dalam konteks itu, kami mencoba memfasilitiasi dengan sosialisasi kewaspadaan dini bagi generasi muda. Minimal mereka punya fakta pembanding tentang faham yang mengarah ke radikalisasi atau militansi yang bisa panjang potensinya, bisa mengarah ke intoleransi,” kata Iman.
Bahkan disinyalir, ada kelompok yang tidak mengakui ideologi Pancasila.
Iman meminta semua pihak menjaga generasi muda dari pengaruh radikalisme. @pih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas