Presiden Joko Widodo pimpin upacara memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11) pagi./foto: cnn indonesia/bisma septalisma.

Jokowi Pimpin Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Visi.news – Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11) pagi. 
Kedatangan dua pemimpin negara itu langsung disambut oleh bunyi terompet dan gema marching band yang menggema di TMP Kalibata. Jokowi sendiri bertugas sebagai inspektur upacara Hari Pahlawan di depan Patung Burung Garuda Kompleks TMP Kalibata. 
Tampak Ibu Negara, Iriana Jokowi dan Istri Maruf Amin, Wury Estu Ma’ruf Amin turut mendampingi bersama dengan para menteri dan kepala lembaga Kabinet Indonesia Maju pada upacara tersebut. 
Upacara itu terpantau dimulai pukul 8.10 WIB, diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan. 
Suara sirene pun lantas terdengar beberapa menit sebagai momentum mengingat perjuangan para pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya 10 November 1945 silam. 
Usai itu, Jokowi kemudian memimpin mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan Indonesia. Setelah itu, mantan Wali Kota Solo itu kemudian mempersembahkan karangan bunga tepat di depan Patung Garuda TMP Kalibata. 
Usai upacara, ia dan Ma’ruf Amin lantas berziarah ke beberapa makam pahlawan dan makam mantan presiden dan wakil presiden. Jokowi dan Ma’ruf turut menabur bunga di makam Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie dan makam istri Habibie, Hasri Ainun Habibie. 
Mereka juga menabur bunga di makam suami Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri, Taufiq Kiemas. Tak hanya itu, Jokowi dan Ma’ruf turut menabur bunga di pusara Istri presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Kristiani Herawati Yudhoyono. 
Makam Wakil Presiden ke-4 Republik Indonesia Umar Wirahadikusuma juga turut ditaburi bunga. Selain itu, Jokowi dan Ma’ruf turut berziarah ke persemayaman Wakil Presiden Republik Indonesia ke-5 Sudharmono dan istrinya, Ratu Emma Norma Sudharmono. 
Dua hari sebelumnya, Jokowi telah menganugerahkan tanda jasa kepada enam tokoh yang dinilai berjasa bagi Indonesia. Salah satunya adalah jurnalis pejuang asal Sumatra Barat, Ruhana Kuddus. 
Tak hanya Ruhana, tanda jasa juga diberikan kepada dua tokoh asal Yogyakarta yakni Prof Abdul Kahar Mudzakir dan Prof Dr Sardjito yang merupakan tokoh Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). 
Selain itu, tanda jasa turut diberikan kepada pejuang dari Sulawesi Tenggara Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi, Anggota BPUPKI dan Komite Nasional Indonesia Pusat Alexander Andries (AA) Maramis, serta tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Masykur. @fen/cnnindonesia.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas