Ilustrasi/andaikata.com/ist.

4 Tips Agar Semangat Bekerja Tetap Terjaga

Visi.news – Orang yang bekerja dengan tidak senang hati, umumnya akan menjadi kurang produktif, sekaligus bisa membuat motivasi untuk bekerja menjadi lebih rendah. Hal tersebut adalah siklus yang kerap menjerat seseorang.
Kurangnya motivasi bekerja juga menjadi salah satu masalah ekonomi. Sebuah penelitian menunjukkan, hanya 13 persen dari tenaga kerja yang benar-benar secara aktif terlibat dengan pekerjaan mereka.
Melansir KOMPAS.com, data semacam itu, tentu bukan jenis data yang ingin dilihat seorang karyawan, dan tentu tidak baik untuk kondisi moral karyawan yang bersangkutan.
Karyawan yang bahagia merupakan karyawan yang baik, dan fakta mengenai pergi melakukan pekerjaan yang tidak disukai setiap hari merupakan kutukan.

Coba Anda praktikkan 4 langkah untuk menjaga agar tetap semangat bekerja setiap hari:

1. Mintalah umpan balik

Terkadang, ketika fokus bekerja, hal-hal kecil yang dapat membantu meningkatkan kapasitas justru terlupakan. Ketidaktahuan atas cara atau kontribusi apa yang diperlukan untuk menjadi lebih baik bisa menjadi salah satu sumber kurangnya motivasi dalam bekerja.
Salah satu cara yang cukup ampuh untuk memperbaiki diri adalah dengan meminta rekan kerja atau pimpinan memberikan umpan balik. Selalu ada ruang untuk belajar dan tumbuh dalam peran profesional apa pun, dan tidak ada yang lebih baik untuk membantu menargetkan hal-hal yang perlu dikembangkan dibanding mereka yang saling berinteraksi tiap hari dan memahami pekerjaan apa yang dilakukan.

2. Merayakan kesuksesan orang lain

Ketika merasa kehilangan insipirasi, coba alihkan fokus dari diri sendiri dengan merayakan kesuksesan atau kebahagiaa orang di sekliling. Pemikiran positif, selain akan memperkuat ikatan pertemanan juga membuat kepuasan tersendiri.
Bahkan, penelitina menunjukkan, karyawan yang memiliki lebih banyak interaksi positif dengan rekan kerja mereka akan lebih produktif.

3. Coba katakan ‘tidak’

Mengatakan ‘ya’ untuk semua hal memang kerap kali menggoda, terutama ketika sedang merasa tidak memiliki motivasi. Padahal, banyaknya pekerjaan yang menumpuk tidak benar-benar bisa membuat seseorang menjadi lebih semangat bekerja. Meng’iya’kan setiap hal justru membuat lelah dan tidak bisa meningkatkan produktivas serta memberikan beban mental yang lebih berat.
Sehingga, mengatakan ‘tidak’ ketika diminta melakukan segala hal serta mengatakan ya untuk hal-hal yang benar-benar ingin dilakukan penting untuk menjaga motivasi kerja.

4. Istirahatlah!

Bekerja terus sepanjang waktu untuk mengejar bonus, atau jabatan yang lebih tinggi memang penting. Namun, kebiasaan bekerja tanpa mengenal waktu ini harus segera dihentikan.
Sebab, hasil studi yang dilakukan oleh Harvard College menunjukkan 94 persen karyawan yang mengambil wakttu libur memiliki energi yang lebih banyak setelah malakukan perjalanan yang menyenangkan. Maka berliburlah, supaya semangat bekerja dan berkontribusi lebih dalam pekerjaan bisa terus terjaga. @fen

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas