Logo SEA Games 2019 Filipina./visi.news./net.

Persiapan SEA Games Amburadul, Indonesia Fokus Pertandingan

Visi.news – Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia di SEA Games 2019 Filipina, Harry Warganegara, meminta atlet fokus ke pertandingan ketimbang mempermasalahkan persiapan fasilitas tuan rumah.
SEA Games edisi ke-30 yang akan digelar di Filipina bakal resmi dibuka pada Sabtu (30/11). Namun, persiapan tuan rumah belum maksimal. Mulai ketersediaan transportasi, akreditasi, hingga venue yang belum selesai direnovasi.
Harry mengaku sudah mendapat laporan dari tim Indonesia yang berangkat lebih dulu ke Filipina. Ia menilai permasalahan yang terjadi masih dalam batas kewajaran yang harus diantisipasi.
“Kami sudah antisipasi. Kalau saya pribadi berharap persiapan berangsur makin bagus jelang pertandingan. Kami sudah menyiapkan opsi alternatif atas kendala yang ada.”
“Yang pasti, saya berharap atlet fokus ke pertandingan meski ada sejumlah kendala,” ujar Harry seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (26/11).
Harry menegaskan sudah menyiapkan sejumlah rencana untuk mengantisipasi permasalahan yang ada di Filipina. Ia berharap tim ofisial bisa mencari solusi ketimbang protes berlebihan.
“Kita jangan hanya komplain tapi harus jadi bagian solusi. Misalnya soal transportasi lama, teman-teman di sana harus lebih bawel. Selain itu sebisa mungkin punya cadangan seperti sewa mobil sendiri di sana,” ujar Harry.
“Jadi tuan rumah memang tidak mudah. Mulai dana, koordinasi dengan pemerintah, hingga tenaga kerja, dan sebagainya. Kita pernah menghadapi itu di Asian Games 2018 dan harus bisa cari solusi sendiri ketimbang protes dan kritik,” tutur Harry.
Indonesia sendiri menargetkan 45 emas di SEA Games 2019. Kontingen Merah Putih akan mengikuti 418 nomor pertandingan dari 51 cabang olahraga (cabor) dan 65 disiplin yang dipertandingkan di Filipina. @fen

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas