Ribuan buruh Jawa Barat menggelar aksi unjuk rasa di halaman Gedung Sate, Bandung, Senin (2/12)./Ayobandung.com/faqih rohman syafei.

SK Gubernur Keluar, Demo Berlanjut Tuntut Hapus 1 Poin

Visi.news – Ribuan buruh Jawa Barat menggelar aksi unjuk rasa di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (2/12). Sejumlah tuntutan terkait kesejahteraan buruh mereka suarakan. 
Melansir Ayobandung.com, para buruh mulai berdatangan sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka datang membawa sejumlah poster dan spanduk tuntutan. 
Dalam orasinya, Ketua DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jawa Barat, Roy Jinto menyebutkan aksi ini diikuti oleh ribuan buruh yang berasal dari 15 serikat buruh di Jawa Barat. 
“Dalam SK yang telah ditertibkan pada tanggal 1 Desember, terdapat poin yang mengganjal di poin 7 Huruf D. Hanya satu poin yang minta kami hapuskan,” ujarnya.
Selain poin tadi, kata dia, buruh meminta Gubernur Jawa Barat untuk membuat Surat Edaran ke setiap wali kota dan bupati terkait penetapan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) serta dicabutnya PP 78 tahun 2015 yang merugikan kaum buruh. 
“Tolak PP 78 tahun 2018, dan itu harus di cabut,” tutur Roy. 
Sementara itu, sejumlah petugas kepolisian melakukan penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas di sekitar Gedung Sate. Tak hanya itu, Jalan Diponegoro juga ditutup sementara waktu. @fen

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas