Ridwan Kamil kunjungi korban banjir di Karawang./merdeka.com/bram salam

DPRD Jabar Usul Pengadaan Helikopter untuk Pemprov Permudah Peninjauan Lokasi Bencana

Visi.news – DPRD Jawa Barat mengusulkan pengadaan helikopter untuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Hal ini untuk mempermudah peninjauan saat terjadi bencana alam.
Ketua DPRD Jawa Barat, Taufik Hidayat mengatakan, usulan ini akan dibahas lebih detail bersama seluruh anggota dewan. Jika hasilnya memang mendesak, pengadaan akan ditindaklanjuti ke tahap selanjutnya.
“Jadi yang mengusulkan kan Pak Irfan (Suryanagara; dari Partai Demokrat) karena mungkin melihat kemarin contohnya pas ada bencana sekaligus jadi tidak bisa dengan mobil,” kata dia di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (6/1), seperti dilansir merdeka.com.
Tidak hanya digunakan saat meninjau bencana, helikopter itu pun bisa dimanfaatkan untuk keperluan kedinasan yang lain. Alasannya, mempermudah perjalanan di Jawa Barat yang memiliki wilayah luas.
“Dan itu juga nanti bisa digunakan (untuk urusan selain meninjau bencana) kalaupun disahkan. Jadi, itu kan bukan hanya untuk bencana. Karena Jabar kan daerah luas dengan penduduk terbesar,” kata politisi Gerindra itu.
“(Sikap dewan) kalau kita secara logikanya bagaimana, apa bagus atau enggak. Ini kan baru usulan. Kalau itu menguntungkan untuk rakyat Jabar ya mengapa tidak. Nanti kan kita gulirkan juga untuk rakyat apakah perlu atau tidak. Kalau perlu ya oke kalau tidak dialihkan ke hal lain. Kita musyawarah mufakat,” ia melanjutkan.
Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memilih menanggapinya secara santai dan menyerahkan semua keputusan kepada warga. Terlebih, usulan itu datang dari anggota dewan. Namun, ia mengakui kesulitan saat melakukan peninjauan bencana yang jaraknya berjauhan, ditambah akses jalan terganggu.
“Kita lihat saja dalam pembahasannya apakah rakyat melihat itu perlu atau tidak. Kalau nanti (usulan pengadaan helikopter) datang dari gubernur takut keliru. Tapi yang pasti kalau ada bencana yang sifatnya bersamaan jaraknya itu jauh-jauh, makanya kemarin saya bagi-bagi tugas kan,” ucap dia. @fen

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas