Kerumunan orang di Mashhad, Iran saat proses pemakaman Qassim Sulaimani./afp

Iran Nyatakan Seluruh Pasukan Amerika Teroris Karena Membunuh Qassim Sulaimani

Visi.news – Parlemen Iran mengesahkan UU pada Selasa (7/1) menyatakan seluruh pasukan Amerika Serikat sebagai teroris karena membunuh Panglima Pasukan Garda Revolusi Iran, Qassim Sulaimani. Sulaimani tewas dalam serangan drone AS di Bandara Internasional Baghdad pada Jumat (3/1) pagi.
Kematian Sulaimani menjadi pemicu memanasnya konflik Iran-AS. Iran menyatakan akan membalas dendam serangan tersebut.
Di bawah UU baru tersebut, semua pasukan AS dan pegawai Pentagon termasuk organisasi yang berafiliasi dengannya, para agen dan komandan serta mereka yang memerintahkan pembunuhan Sulaimani dinyatakan sebagai teroris.
“Setiap bantuan kepada para pasukan ini, termasuk militer, intelijen, keuangan, teknis, pelayanan dan logistik akan dianggap bekerja sama dalam aksi teroris,” kata parlemen, dilansir Merdeka.com dari Channel News Asia, Selasa (7/1).
Anggota parlemen juga memberikan suara untuk mendukung penambahan anggaran untuk Pasukan Quds – cabang operasi asing Garda Revolusi Iran yang dipimpin Sulaimani.
RUU itu merupakan revisi amandemen dari undang-undang yang disahkan pada April tahun lalu yang menyatakan Amerika sebagai “negara pendukung terorisme” dan pasukannya di kawasan itu adalah “kelompok-kelompok teror”.
Badan keamanan utama Iran, Dewan Keamanan Nasional Tertinggi, mengatakan penetapan tersebut dilakukan setelah AS menetapkan Pengawal Revolusi Iran sebagai “organisasi teroris”. @fen

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas