Anggot DPR RI Dede Yusuf (keempat dari kanan) didampingi Kadispora, Marlan Nursyamsu( keempat dari kiri) foto bersama usai tinjau SJH, Kamis (9/1)./visi.news/apih igun.

Anggota DPR RI Tinjau Stadion Si Jalak Harupat Persiapkan Piala Dunia U-21 2021

Visi.news – Hajat sepak bola Piala Dunia U-21 2021 rencananya akan digelar di Indonesia. Salah satu stadion yang akan digunakan adalah Si Jalak Harupat ( SJH) di Kabupaten Bandung selain Stadion Pakansari dan Patriot di Bogor.
Berkaitan dengan hal itu, anggota DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi meninjau Stadion Si Jalak Harupat di Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Kamis (9/1).
Didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung, Marlan Nursyamsu, Dede Yusuf mengatakan, kedatangannya ke SJH karena memdapat informasi bahwa pada 2021 Piala Dunia U-21 akan berlangsung di Indonesia dan SJH terpilih untuk digunakan.
“Oleh karena itu ada beberapa stadion yang diprioritaskan. Tadinya 10 stadion, mengerucut jadi 6 stadion, di antaranya nomor 6 Stadion Si Jalak Harupat,” kata Dede Yusuf kepada wartawan.
Dede mengatakan, perlu ada pembahasan mengenai hal itu karena berkaitan dengan penggunaan APBN maupun APBD untuk perbaikan sejumlah fasilitas atau infrastruktur stadion. Apalagi sebelumnya perbaikan dan pembangunan infrastruktur di SJH sudah mendapatkan bantuan puluhan miliar rupiah.
“Untuk level Piala Dunia butuh perbaikan lanjutan seperti rumput, lingkungan, akses, serta sarana dan prasana lainnya seperti WC,” katanya.
Menurut Dede, untuk perbaikan mengandalkan APBD belum sanggup sehingga perlu ada dukungan dari APBN. Jika SJH dipilih, pihaknya ada kewajiban untuk memperjuangkan dana pendamping baik dari APBD maupun APBN.
“Saya sudah ngobrol dengan pengelola. Apa yang dibutuhkan, sepertinya tak begitu banyak. Tetapi perlu spesifik dalam penanganannya,” katanya.
Dede juga sempat mengungkapkan bahwa SJH biasa digunakan oleh klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat yaitu Persib Bandung.
“Kalau nantinya Stadion Si Jalak Harupat ditetapkan menjadi stadion yang digunakan Piala Dunia U-21, apakah Persib masih bisa main? Pasalnya, satu tahun sebelumnya jika stadion itu akan digunakan Piala Dunia harus sudah diblok. Ini akan menjadi catatan penting bagi kita,” paparnya.
Ia pun berharap mendapat kepastian hal itu supaya bisa menyampaikannya kepada Menteri Pemuda dan Olahraga RI. Dede pun melihat, jika SJH digunakan Piala Dunia U-21 sudah ada kesiapan sekitar 80 persen. Pasalnya, stadion tersebut perlu ada perbaikan ekstra jika dibandingkan dengan stadion lainnya seperti Stadion Pakansari dan Patriot. @pih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas