Petugas medis Puskesmas Cinunuk didampingi kader Posyandu sehat 21 memeriksa kesehatan Iban warga GBM 21 yang sedang sakit./visi.news/yayan sofyan

Warga Apresiasi Puskesmas Cinunuk Jemput Iban yang Sedang Sakit

Visi.news – Langkah petugas medis dengan cara jemput bola warga yang sakit dan butuh pertolongan diapresiasi warga Komplek Griya Bukit Manglayang RW 21 (GBM 21) Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Apresiasi warga GBM 21 ini setelah sejumlah petugas medis Puskesmas Cinunuk dua kali jemput bola menemui Iban Reisbansyah (62) warga GBM 21, RT 03 Jalan Kantil. Iban sudah hampir 3 bulan sakit dan membutuhkan pertolongan.

“Jujur, kami mewakili warga GBM 21 mengapresiasi langkah Puskesmas Cinunuk dengan menerjunkan sejumlah petugas medis Puskesmas Cinunuk dengan mendatangi Pak Iban warga kami yang sakit dan butuh pertolongan. Petugas medis yang jemput bola tersebut sudah 2 kali. Jemput bola pertama pekan kemarin dan kedua kemarin, Senin (14/1),”kata Ketua Posyandu Sehat 21 Esti Eryanti disela-sela kegiatan Posyandu di GBM 21, Selasa (15/1).

Menurut Esti, penanganan medis terhadap Iban tersebut atas koordinasi antara kader Posyandu sehat 21, Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Cinunuk dan Puskesmas Cinunuk. “Untuk penangan medis lanjutan kita serahkan ke Puskesmas Cinunuk dan pihak keluarga Pak Iban” kata Esti.

Sementara saat petugas medis dua kali ke rumah Iban tersebut dikomandoi Bidan Desa Cinunuk, Roro dan sejumlah perawat Puskesmas Cinunuk di antaranya Zakiyah, Yuyun dan Zahra. Mereka selain merawat dan meriksa tekanan darah, korestrol dan lainnya serta mengobati, juga dengan memberikan edukasi dan pengobatan fisikoligis terhadap Iban yang sudah hampir 2 bulan “ngajoprak”.

Para petugas medis saat merawat Iban didampingi sejumlah kader Posyandu tersebut sesekali memberikan semangat kepada Iban dengan sukarela. “Kita jemput bola ke Iban yang sakit dan butuh pertolongan atas koordinasi antara kader Posyandu, Puskesos dan Puskesmas. Bukan hanya kepada Iban warga GBM 21, siapapun warga Desa Cinunuk yang sakit dan perlu penanganan kita siap dengan catatan ada koordinasi dan laporan,” kata Kepala Puskesmas Cinunuk, dr. Elfi saat dikonfirmasi.

Terkait kondisi Iban warga GBM 21 yang dikunjungi petugas medis, hasil pemeriksaan sementara petugas medis, Iban terkena struk dan ada gangguan kulit. “Jika saja harus dirawat di rumah sakit kita siap memberikan rujukan ke beberapa rumah sakit apalagi Iban mengantongi kartu BPJS. Ini barangkali tergantung pihak keluarganya karena saat ini Iban Pak Iban butuh perhatian keluarganya untuk mempercepat kesembuhannya.

Yang pasti, kata Elfi, pihak Puskesmas siap membantu dan memfasilitasi dan berharap Iban segera sembuh dan cepat ditangani dan dicarikan solusi. Dr. Elfi pun mengapresiasi pula atas kepedulian tetangga dekat Iban yang melayani, sekaligus merawat Iban dengan cara sabilulungan memandikan dan memberi makan dan minum. “Sekali lagi, penanganan lanjutan terhadap Iban yang saat ini sakit bagaimana pun harus segera turun tangan pihak keluarganya,” harap Elfi.@yan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas