Petugas uji coba jalur kereta api di Stasiun Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (23/1)./antara/feri purnama.

Awal Operasi Februari Digratiskan, PT KAI Uji Coba Jalur KA Stasiun Cibatu-Garutkota

Visi.news – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menguji coba jalur kereta api rute Stasiun Cibatu-Garutkota,  Kabupaten Garut, Jawa Barat, sepanjang 19 km, yang direncanakan mulai beroperasi melayani penumpang pada Februari 2020.

“Akhir (Januari) atau awal Februari sudah launching, untuk operasional sudah bisa dilakukan,” kata Executive Vice President KAI Daop 2 Bandung Fredi Firmansyah saat pelaksanaan uji coba jalur rel Stasiun Cibatu-Garut Kota di Garut, Jabar, Kamis (23/1), seperti dilansir jabar.antaranews.com.

Ia menuturkan, jalur rel kereta api dari Kecamatan Cibatu sampai Garutkota sudah tersambung dan siap digunakan, sedangkan fasilitas lainnya seperti bangunan dilakukan secara bertahap.

“Untuk bangunan nanti menyusul,” katanya.

Ia menyampaikan jajarannya telah melakukan uji coba rel kereta api lokomotif dan hasilnya berjalan lancar, untuk selanjutnya dilakukan evaluasi.

Menurut dia, hasil uji coba itu tentu ada tahapan perbaikan hingga akhirnya dipastikan layak dilintasi rangkaian kereta api komersial.

“Rel sudah tersambung tinggal kita melakukan perbaikan-perbaikan,” katanya.

Ia menambahkan KAI akan mengoperasikan kereta api kelas ekonomi dengan kapasitas setiap gerbong 100 orang.

Untuk tahap pertama, KAI akan menggratiskan tiket penumpang jurusan Stasiun Cibatu-Garutkota.

“Nanti akan ada tujuh gerbong dalam satu rangkaian kereta dan pada tahap pertama akan gratis dulu,” katanya.

Sejumlah warga Garut menyaksikan uji coba rel kereta tersebut. Mereka  berkerumun di sekitar jalur dan menyambut gembira kedatangan lokomotif kereta api.

Salah satunya Asep Sudrajat (46) warga Guntur, Kecamatan Garutkota, mengaku senang jalur kereta api kembali aktif.

Ia mengaku pernah menyaksikan kereta api pada 1982 yang beroperasi melayani angkutan penumpang jurusan Stasiun Cikajang-Garut dan Cibatu.

“Ini sejarah, saya kira Si Gombar (kereta zaman dulu) tidak akan kembali, tapi sekarang ada kereta lagi ke Garut,” katanya.@fen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas