207 Mahasiswa Baru Politeknik Pajajaran Kampus Ciparay Ikuti Orientasi di Graha Wirakarya

Editor (Kika) Direktur Politeknik Pajajaran Dr. Ade Sadikin Akhyadi, M.Si., Ketua YPPGMI H. Asep Ikhsan, S.Pd., S.E., M.M., perwakilan mahasiswa baru dan Ketua Yayasan ICB Borun Parlindungan, S.H., M.H. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Sebanyak 207 mahasiswa baru Politeknik Pajajaran Kampus Daerah (Kamda) Ciparay, mengikuti Orientasi dan Sidang Senat Pelantikan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022, di Graha Wirakarya, Jalan Raya Laswi No. 742B, Sabtu (18/9/2021).

Politeknik Pajajaran Kamda Ciparay merupakan hasil kerjasama Yayasan Pendidikan Pembangunan Generasi Muda Indonesia (YPPGMI) dan Yayasan Insan Cinta Bhakti (ICB).

Dalam sambutannya, Ketua YPPGMI H. Asep Ikhsan, S.Pd., S.E., M.M. mengatakan, politeknik merupakan tulang punggung bangsa dalam mempersiapkan angkatan kerja dalam memasuki masa bonus demografi tahun 2020 yang akan mencapai puncaknya nanti di tahun 2030.

“Itu merupakan masa bonus demografi yang harus dimanfaatkan betul karena kalau tidak bisa menjadi petaka demografi,” ujarnya.

Asep mengatakan, hampir 70% bangsa kita memiliki usia produktif antara 15 sampai dengan 55 tahun. Pihaknya merasa beruntung bisa membantu para siswa lulusan SMK dan SMA di Kab. Bandung untuk melanjutkan ke perguruan tinggi melalui fasilitas yang disediakan pemerintah.

“Kami juga banyak terima kasih kepada seluruh calon mahasiswa mahasiswi yang sudah mempercayakan niatnya untuk melanjutkan pendidikan ini dan juga sampaikan kepada para orang tua kalian di rumah yang sudah mempercayakan untuk mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi di sini,” ujarnya.

Kepada para calon mahasiswa, kata Asep, harus bisa bersyukur karena mendapat kesempatan kuliah di sini karena tidak semua lulusan SMA/SMK seberuntung mereka bisa melanjutkan pendidikan yang penting apalagi dengan situasi kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Kalian merupakan insan-insan yang terpilih untuk masa depan bangsa dan masa depan kalian dan masa depan keluarga,” pungkasnya.

Sementara Ketua Yayasan Insan Cinta Bhakti (ICB) Borun Parlindungan, S.H., M.H. mengatakan Politeknik Pajajaran merupakan politeknik swasta pertama di Indonesia yang didirikan di Kota Bandung tahun 1993. “Sehingga Politeknik Pajajaran sudah menghasilkan banyak lulusan yang bekerja di dalam dan luar negeri bahkan di kapal pesiar,” ujarnya.

Baca Juga :  Kunker Komisi VIII DPR RI ke KBB, Ace Hasan : Jelang PTM, Prokes Harus Diperketat

Politeknik Pajajaran, kata Borun, menerapkan pendidikan terapan program diploma yang para lulusannya siap kerja. Sehingga ia berharap, kerjasama untuk membantu putra/putri bangsa ini bisa berkesinambungan.

“Kepada anak-anak saya para mahasiswa baru ini saya harapkan bisa percaya diri dan bisa menyelesaikan pendidikannya sesuai program yakni tiga tahun,” tandasnya.

Pada tahun ini untuk program D3 dengan 5 program studi di kampus dua ini diterima sebanyak 207 mahasiswa baru sedangkan di kampus satu di Surapati Square ada 232 mahasiswa. “Insan-insan putra-putri bangsa ini siap membangun Indonesia dan dalam tiga tahun harus siap dibentuk dengan upaya keras,” tandas wanita 73 tahun yang masih enerjik ini.

Direktur Politeknik Pajajaran Dr. Ade Sadikin Akhyadi, M.Si., dalam kesempatan itu menyatakan bahwa pihaknya ingin para mahasiswa menyelesaikan pendidikannya tepat waktu. “Kami akan mencoba melakukan terobosan untuk proses pembelajaran, agar para mahasiswa bisa menyelesaikan selama tiga tahun, ” ungkapnya.

Untuk itu, ia menekankan perlunya “rumus” DJIT selama mengikuti pembelajaran di Politeknik Pajajaran. “DJIT itu ‘D’-nya dedikasi, ‘J’-nya jujur, ‘I’-nya inovasi dan ‘T’-nya tanggungjawab, ” tandasnya.

Ketua panitia yang juga Direktur Politeknik Pajajaran Kamda Ciparay Dr. Supriyanto, M.M., mengatakan, pada tahun akademik 2021/2022 ini dari jumlah 207 mahasiswa baru tersebut untuk program studi (prodi) Teknik Komputer sebanyak sebanyak 108 mahasiswa baru, Administrasi Perkantoran dan Bisnis Digital 19 mahasiswa, Perhotelan 22 mahasiswa, Akuntansi & Perpajakan 36 mahasiswa dan Perbankan & Keuangan sebanyak 22 mahasiswa baru.

Seusai pelantikan, kata Supri, panggilan akrab Supriyanto, para mahasiswa baru tersebut mengikuti orientasi berupa pembekalan materi antara lain mengenai kampus merdeka dan belajar merdeka, tentang akademik, kemahasiswaan. “Juga diberikan materi pengenalan prodi, budi pekerti, anti narkoba & korupsi, kesadaran pajak, bela negara & kewarganegaraan,” pungkasnya. @mpa/asa

Baca Juga :  Bupati Ajak Para Ulama Turunkan Angka Perceraian di Kabupaten Bandung

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PLN Raih Penghargaan 1st The Best of The Best-Human Capital 2021

Sab Sep 18 , 2021
Silahkan bagikan Kinerja PLN Baik, Bukti Transformasi dan inovasi tata kelola SDM Berjalan VISI.NEWS – PT PLN (Persero) terus mendorong transformasi dan inovasi dalam tata kelola Sumber Daya Manusia (SDM) atau Human Capital secara konsisten. Dengan transformasi ini membuat PLN menjaga kinerjanya. Terbukti, meskipun di tengah pandemi, dimana banyak perusahaan […]