SEHAT: 5 Tanda Anda Memiliki Gula Darah Tinggi

Editor :
Ilustrasi tes gula darah./pixabay/via jpnn.com

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Kadar gula darah yang tinggi adalah gejala diabetes melitus. Mereka juga merupakan pendahulu penyakit ini, yang bisa membatasi hidup.

Saat Anda menelan gula atau makanan apa pun yang memiliki indeks glikemik (GI) yang tinggi, kadar gula darah Anda meningkat dengan cepat.

Berikut ini beberapa tanda gula darah tinggi, seperti dilansir jpnn.com dari laman Genpi.co.

1. Cepat lelah

Gejala gula darah tinggi yang perlu Anda waspadai adalah mudah lelah. Hal ini terjadi akibat tubuh merasa kekurangan sumber energi.

Padahal sebenarnya tidak. Gula adalah sumber utama energi di dalam tubuh. Jika gula darah tinggi, harusnya energi yang dimiliki tubuh semakin banyak.

Namun pada kenyataannya, tubuh justru tidak mampu untuk mengolah gula darah yang sudah berlebih karena fungsi hormon insulin yang membantu menyerap gula dalam darah terganggu.

2. Selalu merasa haus dan sering buang air kecil

Haus adalah sensasi yang wajar, pertanda tubuh sedang dehidrasi dan membutuhkan asupan cairan. Namun, cepat haus bisa menjadi gejala gula darah tinggi jika tidak juga hilang meski Anda sering minum.

Kelebihan gula dalam darah normalnya akan ikut terbuang bersama urine setiap kali Anda buang air kecil. Namun, glukosa yang berlebihan akan membuat urine mengental.

Maka sebagai cara mengencerkan urine yang mengental, otak akan mengirimkan sinyal rasa haus agar Anda cepat minum.

Karena kadar gula dalam darah sudah terlalu banyak, Anda otomatis akan diminta untuk minum lebih banyak. Semakin banyak Anda minum, semakin sering pula Anda buang air kecil.

3. Penglihatan kabur

Gangguan mata yang paling sering dirasakan orang dengan kadar gula tinggi adalah pandangan kabur.

Munculnya ciri-ciri gula darah tinggi satu ini disebabkan oleh tubuh yang tidak mampu menggunakan kelebihan gula sebagai sumber energi untuk saraf dan jaringan mata.

Saraf dan jaringan mata yang kekurangan asupan makanan dari glukosa tidak bisa bekerja baik sehingga akhirnya penglihatan menjadi terganggu.

4. Lapar, tetapi berat badan malah turun

Kelebihan gula dalam darah tidak bisa diolah tubuh menjadi energi.

Sel-sel tubuh jadi tidak mendapatkan energi.
Sel dan jaringan yang kekurangan asupan energi akan mengirimkan sinyal lapar ke otak agar nafsu makan Anda meningkat untuk kembali mengonsumsi makanan.

Namun, alih-alih membuat kenyang dan meningkatkan berat badan, ciri-ciri gula darah tinggi satu ini malah menyebabkan tubuh kurus.

Ini karena kelebihan glukosa yang tidak dipakai akhirnya terbuang bersama urine.
Hal ini membuat otak menganggap tubuh sedang kekurangan energi (padahal tidak) sehingga beralih menggunakan sumber energi cadangan dari lemak.

Tubuh akan memecah simpanan lemak dan otot yang berujung pada penurunan berat badan. Pada kebanyakan kasus, tanda gula darah tinggi ini bisa terjadi secara drastis tanpa disadari.

5. Mulut kering

Mulut kering atau yang biasa disebut dengan xerostomia, merupakan salah satu ciri-ciri gula darah tinggi.

Pada orang yang memiliki gula darah tinggi, gejala mulut kering juga umum dibarengi dengan masalah bibir kering dan pecah-pecah, bau mulut, sering haus, dan sensasi kering di tenggorokan.

Tingginya kadar gula darah menyebabkan kelenjar air liur terganggu sehingga tidak menghasilkan air liur secara normal.

Akibatnya, kebutuhan air liur tidak tercukupi dan menciptakan kekeringan dan masalah di mulut. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KPw BI Solo Fasilitasi Komunitas Seniman Muda Batik Indonesia Wadah Seniman Batik

Sen Nov 23 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo, memfasilitasi terbentuknya Komunitas Seniman Muda Batik Indonesia (KSMBI) dengan mempertemukan tiga kelompok perajin batik, yaitu Kelompok Batik Girilayu (Kabupaten Karanganyar) dengan Kelompok Batik Laweyan dan kelompok Batik Kauman Kota Solo. Pembentukan KSMBI di sentra industri kerajinan tradisional batik, Desa Girilayu, […]