3 Tips Agar Tidak Terjebak Utang Pinjaman Online

Ilustrasi pinjaman online./shutterstock/via tempo.co
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Layanan pinjaman online kini membuat orang leluasa berutang. Syaratnya terbilang mudah serta dapat diajukan kapan dan di mana saja lewat aplikasi.

Bagi yang benar-benar sedang BU alias butuh uang, pinjaman online mungkin dapat menjadi solusi bagi mereka. Hanya saja, tetaplah menerapkan prinsip kehati-hatian karena pinjaman online mematok bunga yang terbilang tinggi.

Berikut tips supaya Anda tidak terjerat pinjaman online yang merugikan:

Identifikasi kebutuhan

Sebelum mengajukan permohonan pinjaman online, tanyakan kepada diri sendiri apa tujuan meminjam? Jika untuk memenuhi kebutuhan konsumtif, pastikan Anda bisa membayarnya dengan tepat waktu dan jumlah yang sesuai.

Apabila Anda meminjam uang dengan tujuan produktif, hitung kembali berapa lama uang tersebut bisa kembali. Gunakan layanan pinjaman online dengan bijaksana dan sesuai dengan kebutuhan. Jika merasa tidak mampu membayar, jangan coba-coba mengajukan pinjaman online.

Cek data OJK

Pastikan aplikasi pinjaman online yang Anda gunakan sudah terdaftar atau memiliki izin Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Aplikasi dan perusahaan fintech yang sudah terdaftar memiliki kredibilitas tinggi karena sudah diawasi operasionalnya oleh pihak OJK.

Tap here to load image

Status ini dapat mencegah kebocoran data pribadi atau proses penagihan yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Yang penting, hindari jebakan pihak yang ingin membocorkan data pribadi atau para penyedia layanan pinjaman online abal-abal.

Disiplin menyisihkan uang untuk membayar

Sebelum permohonan pinjaman online cair, Anda harus memikirkan cara membayarnya. Perlu kedisiplinan menyisihkan uang untuk membayar utang tepat waktu. Caranya, langsung sisihkan sebagian gaji setiap bulan atau pisahkan uang honor untuk membayar cicilan pinjaman online. @fen/sumber: tempo.co

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Prediksi Ilmuwan Vaksin Pfizer soal Akhir Pandemi Covid-19

Rab Nov 18 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Rilis data awal uji klinis fase akhir vaksin Covid-19 buatan BioNTech dan Pfizer membawa harapan bagi warga Bumi. Lantas kapan pandemi corona berakhir dan hidup normal lagi? Prof Ugur Sahin, chief executive officer (CEO) BioNTech memprediksi dampak vaksin Covid-19 akan mulai terasa signifikan pada musim panas […]