31 Lab. Mobil PCR Disiapkan untuk Layani Vaksinasi Warga di 270 Desa di Kab. Bandung

Editor H.Achmad Haedar kepala Desa Cipagalo(kiri) dan direksi Vaksinku Sarah Pamela (foto atas). Maulana Fahmi, Ketua Komisi D DPRD Kbupaten Bandung dan laboratorium mobil PCR Vaksinku serta perlengkapannya (foto bawah)./visi.news/budimantara
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi PKS yang juga Ketua Komisi D, Maulana Fahmi mengapresiasi lounching mobil Polymerase Chain Reaction (PCR) yang diinisiasi Pemerintahan Desa Cipagalo bekerja sama dengan pihak swasta, Vaksinku, di Jalan Terusan Buahbatu No 161 halaman Kantor Desa Cipagalo, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Senin (1/2/2021).

Lounching mobil PCR tersebut dalam upaya membantu pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Bandung.

“Saya pikir ini suatu langkah inovatif, kemudian perlu diapresiasi karena kita tahu Kabupaten Bandung masih zona merah,” ujar Maulana Fahmi kepada VISI.NEWS di sela-sela lounching mobil PCR.

Didampingi Direksi Vaksinku Sarah Pamela dan Kepala Desa Cipagalo Achmad Haedar, Maulana Fahmi mengatakan, semua pihak harus men-suport pemerintah untuk mempercepat menyelesaikan permasalahan pandemi Covid-19.

“Sampai saat ini (pandemi Covid-19) belum pulih. Perlu apresiasi dan dukungan dari semua pihak dalam penangannya. Ini Laboratorium (mobil PCR) salah satu langkah dan mudah-mudahan bisa membantu mempercepat tracing sehingga penangannya lebih fokus dan terarah. Dan diharapkan penangannya lebih baik lagi,” ujar Fami yang akrab disapa Maulana Fahmi.

Ia mengatakan di masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah melakukan langkah-langkah dan masyarakat pun tak usah takut untuk melaksanakan vaksinasi. Karena langkah ini bagian dari ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19.

“Agar Covid-19 ini cepat reda dan berlalu, jadi masyarakat harus tetap melaksanakan 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Dan kemudian untuk dilaksanakan PCR, tracing oleh pemerintah dan kemudian dilaksanakan vaksinasi, masyarakat bisa turut andil,” ujarnya.

Dikatakan Maulana Fahmi, pelaksanaan vaksinasi itu sudah diujicoba oleh banyak pihak sehingga dalam pelaksanaannya dinilai aman dan bisa dipertanggungjawabkan.

Baca Juga :  TikTok Dilarang di Italia karena Telan Korban Jiwa

“Masyarakat jangan takut di-rapid test, maupun di- swab. Termasuk masyarakat harus siap dan mari kita berbondong-bondong untuk melaksanakan vaksinasi,” ujarnya.

Semetara Sarah Pamela mengatakan Vaksinku menyiapkan 31 Laboratorium mobil PCR untuk memberikan layanan di 270 desa di Kabupaten Bandung. Laboraturium Mobil PCR termasuk di antaranya tim medis sebanyak 6 orang/unit mobil PCR ini berkaitan dengan Kabupaten Bandung sebagai zona merah Covid-19. 

“Dengan adanya mobil PCR ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk memudahkan melakukan pengetesan atau pemeriksaan Covid-19 dengan metode dan swab rapid antigen. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini. Dengan adanya mobil PCR ini, setiap orang bisa mendapatkan pelayanan PCR dengan mudah dan cepat,” ujarnya. 

Sarah Pamela mengatakan, di mobil PCR itu ada dua mesin PCR dengan kapasitas setiap mesin bisa digunakan untuk melakukan pengecekan atau pengetesan 500 PCR per hari. Jadi dalam sehari dengan satu mobil PCR ini bisa melakukan pengecekan atau pengetesan 1.000 PCR dan hasilnya bisa langsung kelihatan.

“Jika lebih dari 1.000 PCR, hasilnya akan dikeluarkan plus satu hari. Untuk antigen, ujarnya, selama produk masih disediakan di dalam mobil PCR tersebut. Pengecekan antigen itu hanya selama 15 menit,” ujarnya. @bud

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Raperda Pesantren Jadi Angin Segar untuk Kemajuan

Sel Feb 2 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Tasikmalaya, kota atau kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah dengan sebutan “Kota Santri” dan basis pesantren. Sebutan itu bukan tidak beralasan. Sebagai salah satu wilayah yang bertebaran pondok pesantren dan santri yang banyak menjadi alasan kuat. Bukan hanya itu, Tasikmalaya memiliki sederet tokoh kharismatik […]