380 Peserta Bersaing dalam Lomba Vlog ‘Halal itu Apa Sih?’

Editor Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH, Mastuki./via kemenag.go.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Masa pendaftaran Halal Vlog Competition 2021 sudah berakhir. Kompetisi ini digelar oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag.

Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH, Mastuki, mengatakan bahwa antusias masyarakat untuk mengikuti Halal Vlog Competition 2021 cukup besar. Sampai dengan penutupan, tercatat 380 video yang diterima oleh panitia.

“Sekarang sudah masuk tahap masa penjurian, setelah sedikitnya 3.854 orang mengakses website pendaftaran lomba dan 380 video telah diterima panitia melalui link yang tersedia,” jelas Mastuki di Jakarta, Kamis (9/12/2021), dilansir dari laman kemenag.go.id.

Halal Vlog Competition 2021 mengangkat tema ‘Halal itu Apa Sih?’ Menurutnya, tema ini dipilih dengan harapan dapat tergali sebanyak-banyaknya pandangan masyarakat umum tentang pengertian halal.

“Dengan itu, BPJPH bisa mendapatkan pemahaman yang sesuai dengan pandangan masyarakat dan dapat menentukan pendekatan yang sesuai dalam melakukan sosialisasi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Mastuki mengatakan bahwa dipilihnya vlog sebagai bentuk lomba tak lepas dari trend di tengah masyarakat yang kian menggemari vlog. Kompetisi ini diharapkan dapat menjadi media alternatif untuk menuangkan ide-ide kreatif masyarakat khususnya kaum milenial terkait dengan isu halal di Indonesia.

“Dengan begitu diharapkan kepedulian dan partisipasi publik terkait dengan isu halal akan meningkat, edukasi halal juga menjadi semakin masif sehingga meningkat pula kesadaran halal masyarakat dan pelaku usaha,” kata Mastuki.

“Implikasi dari hal itu tentu adalah meningkatnya jumlah pelaku usaha yang mengajukan sertifikasi halal ke BPJPH,” tandas Mastuki.

Halal Vlog Competition yang dibuka untuk umum tersebut menyediakan hadiah total Rp 60.000.000, terbagi untuk juara , peringkat 2, peringkat 3 dan 5 pemenang favorit.

Baca Juga :  H. Yayat: Jabatan Tisna Sesuai Keputusan Gubernur

Rangkaian kegiatan lomba terlaksana sejak Oktober lalu. Diawali dengan tahap sosialisasi kompetisi melalui kanal media sosial BPJPH sejak 17 Oktober 2021 atau bertepatan dengan HUT keempat BPJPH, dilanjutkan dengan tahap pendaftaran peserta mulai 20 Oktober 2021.

Analis Kebijakan Ahli Madya pada Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH, Cecep Kosasih, menambahkan, besarnya antusiasme peserta memaksa panitia mengundurkan pengumuman hasil lomba yang sedianya akan dilakukan pada 21 November 2021.

“Ini dilakukan untuk memberikan waktu yang cukup bagi para yuri memberikan penilaian kepada semua video,” terangnya.

Rencananya, setelah tahapan penjurian ini selesai, pengumuman hasil lomba akan dilakukan dalam waktu dekat melalui media sosial BPJPH.

“Untuk itu, silahkan para peserta lomba memantau terus informasinya di media sosial BPJPH,”  pungkasnya. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

H. Kusnadi: Dari Kasus HW, Orang Tua Harus Hati-Hati Predator Seksual di Lingkungan Anak-anak

Jum Des 10 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Kasus pemerkosaan terhadap 12 santriwati di salah satu pesantren di Kota Bandung, banyak menyita perhatian publik. Selain aksi yang diduga dilakukan salah seorang guru berinisial HW (36) tersebut dinilai sangat tidak bermoral, kasus ini juga dianggap sebagai krisis kekerasan seksual di Indonesia. Pandangan ini disampaikan […]