40 Kepala Daerah Dilantik Hari Ini, Termasuk Bupati/Wakil Bupati Kab. Bandung Dadang – Sahrul

Editor :
Sebanyak 40 kepala daerah dilantik, sebanyak 39 di antaranya hasil Pilkada 2020, termasuk Bupati/Wakil Bupati Kab. Bandung Dadang dan Sahrul./visi.news/dok./ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Sebanyak 40 kepala daerah pemenang Pilkada Serentak 2020 dilantik hari ini, termasuk pasangan Dadang dan Sahrul Gunawan di Kabupaten Bandung. Pelantikan kali ini digelar di provinsi masing-masing.

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan berkata, pelantikan kali ini diikuti 35 pasangan bupati dan wakil bupati serta 5 pasangan wali kota dan wakil wali kota.

“Pelantikan hari ini diikuti oleh 40 daerah, terdiri atas 39 daerah hasil Pilkada 2020. Ada tambahan satu, yaitu Kota Binjai, wakil wali kota dilantik menjadi wali kota karena wali kota meninggal sebelum pelantikan pada Februari lalu,” kata Benni dalam pesan singkat seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin (26/4/2021).

Benni menyampaikan 23 kepala daerah yang dilantik kali ini baru saja selesai menjalani sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). Satu kepala daerah, Bupati Sekadau, dilantik usai menjalani pemungutan suara ulang (PSU).

Adapun 17 kepala daerah lainnya baru dilantik karena pergantian masa jabatan jatuh pada akhir Maret dan April 2021.

Dia menyebut pelantikan hari ini diikuti Kabupaten Samosir, Kabupaten Karo, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, dan Kabupaten Gunung Sitoli di Sumatra Utara.

Lalu, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan di Sumatra Barat. Ada pula Kabupaten Pelawan, Riau; Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi; Kabupaten Pesisir Barat, Lampung; Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung; dan Kabupaten Karimun, Riau.

Kemudian, pasangan Dadang-Sahrul Gunawan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bandung. Sementara itu, Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ihsan akan dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan.

Selain itu, pelantikan juga diikuti Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat; Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah; Kabupaten Pacitan, Jawa Timur; Kabupaten Pandeglang, Banten; dan Kabupaten Sumbawa, NTB.

Baca Juga :  Junta Militer dan Budaya Kudeta di Myanmar

Pelantikan juga mengikutsertakan Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Belu, dan Kabupaten Malaka di NTT. Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat dan Kabupaten Kotabatu, Kalimantan Selatan juga turut serta dalam pelantikan kali ini.

Kemudian, ada Kabupaten Bontang dan Kabupaten Kutai Barat di Kalimantan Timur. Lalu ada Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara; Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah; Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan; serta Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Konawe Utara di Sulawesi Tenggara.

Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku; Kabupaten Ternate, Maluku Utara; Kabupaten Yahukimo, Papua; serta Kabupaten Fakfak, Kabupaten Sorong Selatan, dan Kabuoaten Kaimana, Papua Barat pun ikut dalam pelantikan kali ini.

“Pelantikan dipimpin oleh gubernur atau penjabat gubernur di provinsi masing-masing dengan penerapan protokol kesehatan,” ucap Benni.

Pilkada Serentak 2020 menghasilkan 270 kepala daerah untuk periode 2021-2024. Sebelumnya, Kemendagri telah menggelar pelantikan 178 bupati/wali kota pada 26 Februari 2021. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ketua MPR RI Minta Pemerintah Evaluasi Menyeluruh Kondisi Alutsista

Sen Apr 26 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo meminta Pemerintah segera mengevaluasi secara menyeluruh kondisi alat utama sistem persenjataan (alutsista), setelah kapal selam KRI Nanggala-402 karam di perairan utara Pulau Bali. ‚ÄúPemerintah melalui Kementerian Pertahanan bersama TNI harus melakukan evaluasi menyeluruh, terutama terhadap sistem perawatan […]