Menag: Zona PPKM Darurat, Takbiran dan Salat Id di Rumah

Editor Menag, Yaqut Cholil Qoumas, menyatakan mencegah Covid-19 perlu kesadaran bersama./antara/muhammad adimaja/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menekankan, aktivitas peribadatan di rumah ibadah yang berada di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, mutlak ditiadakan. Ini demi mengatasi pandemi Covid-19 yang harus dilakukan secara bersama-sama.

“Peniadaan peribadatan di tempat ibadah di wilayah PPKM Darurat menjadi mutlak karena pandemi Covid-19 benar-benar harus kita atasi bersama-sama dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, antara pemerintah dan pemeluk agama,” tutur dia dalam telekonferensi pers, Sabtu (10/7/2021), dilansir Republika.co.id.

Selain meniadakan aktivitas peribadatan di rumah ibadah di wilayah PPKM Darurat, Kementerian Agama (Kemenag) juga meniadakan takbiran dan salat Iduladha yang berada di wilayah PPKM Darurat.

“Kami minta supaya takbiran dan salat Iduladha di wilayah PPKM Darurat itu dilakukan di rumah masing masing. Sedangkan di luar wilayah PPKM Darurat, dan bukan zona merah dan zona oranye, malam takbiran dan salat Iduladha dapat dilakukan setelah memenuhi ketentuan dalam edaran nomor 16/2021,” kata Menag.

Menteri Yaqut telah menerbitkan dua surat edaran sekaligus. Pertama adalah edaran Menteri Agama nomor 16 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Malam Takbiran, Salat Iduladha, dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1442 H/2021 M di Luar Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Kedua, yaitu edaran Menteri Agama nomor 17 tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Iduladha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban Tahun 1442 H/2021 M di Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. @fen

Baca Juga :  Polisi Selidiki Kebakaran Warung Kopi Tidak Berpenghuni

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Penjelasan LAPAN Mengapa 1 Zulhijah Bertepatan 11 Juli

Ming Jul 11 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Kementerian Agama menetapkan 10 Zulhijah atau Hari Raya Iduladha bertepatan 20 Juli 2021. Keputusan ini diambil dalam Sidang Isbat (penetapan) Awal Zulhijah 1442 Hijriah atau 2021 Masehi. Rangkaian Sidang Isbat yang digelar secara dalam jaringan (daring) yang mana diketahui bahwa posisi bulan akhir Zulqaidah di atas kriteria […]