Gibran Dapat Gelar Bangsawan KP Widuronagoro dari Keraton Surakarta

Editor Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, menerima surat keputusan atau "serat kekancingan" pemberian gelar bangsawan dari Sunan Paku Buwono XII di Keraton Surakarta/visi.news/istimewa
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Gibran Rakabuming yang baru sekitar 7 bulan memangku jabatan sebagai wali kota Solo, mendapat kejutan dari Keraton Surakarta, yang mulai Senin (20/9/2021) menggelar vaksinasi massal bagi seluruh kerabat dan abdo dalem.

Ketika melakukan pelaksanaan vaksinasi dan sempat bertemu langsung dengan pemegang tahta Keraton Surakarta, Sahandhap Sampeyan-dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SSISKS) Paku Buwono atau biasa disebut Sunan Paku Buwono XIII, di bangsal Sasana Parasedya dalam keraton, Gibran, mendapatkan anugerah gelar kebangsawanan Kanjeng Pangeran (KP) Widuronagoro.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, diangkat sebagai kerabat Keraton Surakarta dengan gelar kanjeng pangeran yang dalam bahasa keraton yang tertera pada Serat Kekancingan Dalam Sunan PB XIII, disebut “sinengkakaken ing aluhur kanthi sesebutan Kanjeng Pangeran”, karena dianggap sebagai sosok yang menjadi contoh baik bagi generasi muda.

Serat kekancingan diserahkan Sunan PB XIII langsung kepada Gibran yang saat itu mengenakan seragam Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), setelah wali kota Solo itu pagi harinya memimpin upacara hari jadi Satpol PP.

Penyerahan dilaksanakan secara tertutup tanpa upacara adat tradisi yang biasa berlangsung di Keraton Surakarta.

Juru bicara Keraton Surakarta yang merupakan adik Sunan PB XIII, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Dipokusumo, menyatakan kepada wartawan, Sunan PB XIII memberikan gelar bangsawan kepada Gibran, karena Keraton Surakarta menilai merupakan wali kota Solo itu layak sebagai panutan dan sosok yang menjadi contoh baik bagi generasi muda masa kini.

“Dia (Gibran) jadi panutan yang baik bagi anak muda sekarang. Jadi kita menilai layak mendapat gelar bangsawan,” katanya.

Juru bicara Keraton Surakarta menambahkan, makna dari pemberian gelar bangsawan kepada Gibran adalah agar dapat menjadi panutan.

Baca Juga :  Kiat Aman Saat Anak Kembali Belajar Tatap Muka di Sekolah

“Nama dan gelar dari Keraton Surakarta yang melekat pada Gibran, mengandung makna agar bisa mengayomi masyarakat Solo,” tandasnya.

Menanggapi pemberian gelar bangsawan tersebut, Gibran di Balai Kota menyatakan, gelar itu merupakan kehormatan baginya. Dia mengaku tidak menyangka akan pendapatkan gelar tersebut di saat melaksanakan tugas memantau pelaksanaan vaksinasi di bangsal Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Surakarta.

“Saya tidak tahu rencana pemberian gelar. Kanjeng Sunan tadi hanya menyampaikan beberapa permintaan, di antaranya penertiban kawasan Keraton Surakarta untuk mempercantik keraton,” ujar Gibran.@tok

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Gibran: Satpol PP Termasuk Garda Terdepan Penanganan Covid - 19

Sel Sep 21 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, menyebutkan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan garda terdepan lapis kedua setelah tenaga kesehatan dalam operasional pencegahan Covid – 19, karena dalam melaksanakan tugas banyak yang harus bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Aparat Satpol PP dalam menangani pencegahan Covid – 19 […]