Musim Hujan Diprediksi Sampai Maret 2022, Kang Emil Minta Pemda dan Warga Siaga Bencana

Editor Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. /visi.news/humas jabar
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Gubernur Ridwan Kamil meminta agar pemerintah kabupaten kota beserta warga di Jabar mewaspadai terjadinya bencana alam yang kemungkinan terjadi saat memasuki musim penghujan sekarang ini.

Kang Emil, biasa ia disapa, mengingatkan, musim penghujan diperkirakan akan terjadi hingga Bulan Maret Tahun 2022 mendatang, sehingga berbagai potensi terjadinya bencana sangat perlu diwaspadai.

“Diperkirakan akan terjadi banjir dan longsor selama kurun waktu beberapa bulan kedepan hingga Maret 2022 nanti, untuk itu pemda dan warga di imbau waspada,” katanya.

Dikutip dari keterangan resmi Humas Provinsi Jabar Rabu (17/11/21), Kang Emil menegaskan bahwa khusus aparat kewilayahan di masing – masing daerah atau pemda, diminta untuk menggelar apel rutin kesiapsiagaan bencana sebagai upaya antisipasi menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.

“Saat ini muspida di setiap daerah di Jabar agar lebih sering apel siaga untuk mewaspadai terjadinya bencana di daerah,” tegasnya.

Pemda kabupaten/kota melalui berbagai dinas, lanjut Kang Emil, diminta untuk aktif memantau titik-titik rawan bencana, seperti sungai dan daerah pergerakan tanah, sehingga jika menemukan adanya potensi bencana bisa segera diantisiapasi atau dilakukan evakuasi dini.

“Jangan menunggu adanya korban akibat bencana, kesiapsiagaan diutamakan agar dapat di antisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi tersebut,” ujarnya.

Terakhir, Kang Emil mengungkapkan, jika terdapat
ketidaksanggupan kabupaten/kota dalam mengatasi bencana yang terjadi, baru kemudian pemerintah provinsi turun membantu.

“Bantuan bisa dalam bentuk tindakan penanganan atau bisa juga dalam bentuk anggaran, oleh karena itu Pemprov minta Pemda aktif pantau titik rawan bencana” pungkasnya.@eko

Baca Juga :  Tolak Omnibus Law, Buruh Blokade Jalan Bandung-Garut

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Ricky Kurniawan: Gerindra Tetap Kritis Terhadap Pemprov Jabar

Rab Nov 17 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Situasi politik dan pemerintahan yang terjadi di pusat dan daerah dianggap memiliki perbedaan namun sedikit sama. Pandangan tersebut ditegaskan Fraksi Gerindra DPRD Jawa Barat (Jabar) yang menegaskan akan tetap kritis terhadap kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar. Sebagai kontrol pemerintahan, Fraksi Gerindra DPRD Jabar, akan menjalankan […]