8 Kecamatan Mulai Gulirkan Program Padat Karya dari Disnaker

Editor Sebanyak 8 kecamatan mulai menggulirkan program padat karya dari disnaker./via bandung.go.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KOTA BANDUNG – Program padat karya yang digarap Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung terus berlanjut. Kali ini program padat karya mulai berkegiatan di 4 Kecamatan lainnya, setelah dimulai pada 22 September 2022 lalu.

Empat Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Ujungberung, Panyileukan, Cinambo dan Cibiru. Rencananya Padat Karya berlangsung dari 26 September – 6 Oktober 2022.

Sebelumnya telah dilaksanakan di Kecamatan Gedebage, Buahbatu, Bandungkidul, dan Rancasari pada 22 September-2 Oktober 2022.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung, Dicky Wishnumulya Ristandi mengatakan, program ini merupakan upaya Pemkot Bandung dalam mengurangi dampak kenaikan BBM.

“Diharapkan mengurangi dampak kenaikan harga BBM, di laksanakan di 30 kecematan. Kita sudah laksanakan di 4 kecamatan sebelumnya. Hari ini kita mulai juga di 4 kecamatan, Ujungberung, Cinambo, Panyileukan dan Cibiru,” kata Dicky saat membuka program Padat Karya di Kecamatan Ujungberung, Senin 26 September 2022, dilansir dari laman resmi Pemkot Bandung.

Ia mengatakan, program serupa akan terus dilakukan oleh Disnaker guna membuka seluas-luasnya lapangan kerja bagi masyarakat.

“Ini akan kita lakukan terus, dapat dilakukan terus melalui reses maupun Musrenbang,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Ujungberung, Abriwansah Fitri mengatakan, untuk kegiatan padat karya di Kecamatan Ujungberung akan difokuskan untuk pembersihan sungai Cipanjalu yang melewati empat kelurahan di Ujungberung.

“Kita langsung mempersiapkan dan ujungberung sudah siap. Mudah-mudahan dengan kegiatan padat karya ini sungai menjadi bersih,” katanya.

Ia mengungkapkan, sebanyak 40 orang turun secara serentak selama 10 hari ke depan. Para peserta merupakan warga tidak mampu serta warga diputus kerja atau dirumahkan, dan warga yang belum mendapatkan kesempatan bekerja

“Sebanyak 40 orang ini kita bagikan ke empat kelurahan. Mereka yang merekomendasikan warganya,” jelasnya.

Baca Juga :  Hari Ini Bandung Ulang Tahun, Naik Bus TMB Gratis

Ia menyebut, kegiatan padat karya yang dilakukan selama 10 hari antara lain pengerukan, pembersihan sampah, dan penormalisasi sungai Cipanjalu.

“Ini juga sebagai kelanjutan program Citarum Harum,” ujarnya.

Ia berharap, program padat karya ini terus berlanjut karena dapat memberikan lapangan kerja bagi masyarakat.

“Ini sangat membantu warga yang belum mendapatkan pekerjaan, harus terus dilanjutkan,” katanya.

Salah satu peserta padat karya ialah Tatang Suryana, warga Cigending. Sehari-hari ia bekerja sebagai pengangkut sampah.

“Sehari dapat Rp 50.000, tapi sekarang harga pada naik. Alhamdulillah bisa ada program ini,” kata dia.

Ia berterima kasih dengan adanya program padat karya ini sangat membantu ekonomi keluarganya.

“Alhamdulillah ini sangat membantu buat kehidupan sehari-hari,” ungkapnya. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gugatan 18 DPAC Demokrat Kota Bandung Salah Alamat, Kuasa Hukum DPP : Seharusnya Tempuh Dulu MP

Sel Sep 27 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Sidang lanjutan perdata yang dilayangkan oleh 18 Dewan Pengurus Anak Cabang (DPAC) Partai Demokrat (PD) Kota Bandung terhadap Ketua Umum (Ketum) PD, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beserta jajaran di DPP PD kembali ditunda. Sidang yang digelar di PN Bandung Selasa (27/9/22) ditunda lantaran, kedua belah […]