Aboebakar Al-Habsyi Nyatakan Siap Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Rizieq

Editor Politikus PKS Aboe Bakar Al-Habsyi menyatakan siap menjadi penjamin penangguhan penahanan Rizieq Shihab terkait kasus kerumunan./cnn indonesia/ ramadhan rizki
Silahkan bagikan

VISI-NEWS.COM – Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboe Bakar Al-Habsyi menyatakan siap menjadi penjamin penangguhan penahanan Rizieq Shihab.

Diketahui Rizieq Shihab ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan.
Ia telah menyampaikan hal tersebut kepada kuasa hukum Rizieq.

“Saya siap menjadi penjamin untuk penangguhan penahanan beliau, hal ini tentu sesuai dengan ketentuan pasal 31 KUHP, di mana tersangka dapat diajukan penangguhan penahanan. Tentunya kita ikuti prosedur yang berlaku, saya sudah sampaikan hal ini dengan kuasa hukum HRS,” kata Aboe dalam keterangan tertulis, Minggu (13/12/2020), seperti dilansir CNN Indonesia.

Pada umumnya, kata Aboe, penangguhan penahanan dapat diberikan dengan tiga syarat.

Pertama, tidak akan mengulangi tindak pidana yang disangkakan. Kedua, tidak menghilangkan barang bukti dan ketiga, tidak akan melarikan diri. Menurut dia, ketiga syarat itu dapat dipenuhi oleh Rizieq.

“Sehingga seharusnya penangguhan penahanan dapat dilakukan oleh penyidik. Namun tentunya semua kembali kepada penyidik karena mereka yang memiliki kewenangan untuk mengabulkan atau tidak pengajuan penangguhan penahanan tersebut,” ucap dia.

Lebih lanjut, ia mengaku sebenarnya sangat menyayangkan jika persoalan protokol kesehatan berujung pada penahanan.
Aboe membandingkan dengan persoalan yang muncul saat Pilkada Serentak 2020.

Aboe menuturkan, dari data Satgas Covid-19 ada 178.039 pelanggaran protokol kesehatan, namun tak satu pun yang dipidana.

“Bisa jadi HRS ini adalah orang pertama yang ditahan lantaran protokol Kesehatan,” ucap dia.

Namun demikian, tindakan Rizieq yang mendatangi Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12/2020), menurutnya, menunjukkan sikap yang menghormati hukum.

“Ini menunjukkan bahwa beliau sangat menghormati proses hukum yang dilaksanakan oleh otoritas yang berwenang,” ujar dia.

Baca Juga :  Hutan Hujan Tropis Indonesia Model Kalsel Dipelajari Para Dekan Fahutan

Polda Metro Jaya sebelumnya menetapkan Rizieq Shihab bersama 5 orang lain sebagai tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan.

Rizieq mendatangi Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan pada Sabtu (12/12/2020). Setelah diperiksa hampir 14 jam, Penyidik Polda Metro Jaya memutuskan menahan Rizieq selama 20 hari untuk kepentingan penyidikan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

KPU: Warga Bandung Harap Bersabar Tunggu Pengumuman Resmi Pemenang Pilkada

Ming Des 13 , 2020
Silahkan bagikanVISI-NEWS.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupatèn Bandung, Agus Baroya mengatakan, warga Kabupaten Bandung harap bersabar menunggu kepastian siapa pemanang Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Bandung. Pasalnya, kata Agus, pihak KPU hingga saat ini belum mengumunkan siapa pemenang Pilkada Bandung. “Warga Kab. Bandung diminta bersabar menunggu kepastian siapa […]