AFC U-17 | Indonesia Kalah Telak 1-5 Lawan Malaysia

Editor Kualifikasi Piala Asia AFC U17 2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (10/10/2022). /visi.news/screenshot
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | MALAYSIA  – Timnas Indonesia kalah telak  1-5 dari Malaysia setelah berjuang keras dalam Kualifikasi Piala Asia AFC U17 2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (10/10/2022).

Tim asuhan Bima Sakti dihajar 5 gol nyaris tanpa balasan kalau saja Arkhan Kaka tidak bisa melesakkan bola ke gawang Malaysia d injury time. Dengan hasil ini, Garuda gagal juara Grup B Kualifikasi AFC U17 dan tidak bisa lolos otomatis ke putaran final.

Skor akhir Timnas U17 Indonesia vs Malaysia ini sama sekali di luar dugaan. Garuda Muda awalnya difavoritkan untuk finis sebagai peringkat pertama klasemen Kualifikasi AFC U17 2023 Grup B. Apalagi, Indonesia memulai turnamen dengan menang 14-0 lawan Guam, 3-2 versus UEA, lalu 2-0 kontra Palestina.

Timnas U17 Indonesia harus menerima kenyataan itu karena menempati peringkat kedua klasemen akhir Grup B dengan raihan sembilan poin.

Garuda Asia, julukan timnas U17 Indonesia, tertinggal hanya satu poin dari Malaysia yang naik ke puncak klasemen Grup B.

Meski demikian, timnas U17 Indonesia asuhan Bima Sakti masih berpeluang lolos ke putaran final Piala Asia U17 2023.

Namun, timnas U17 Indonesia tidak bisa lagi menentukan nasibnya sendiri karena harus melewati jalur runner up terbaik Kualifikasi Piala Asia U17 2023.

Posisi Timnas Indonesia sama sekali tidak aman karena dengan menjadi runner-up Grup B, Garuda harus bersaing dengan para runner-up lain untuk merebut 6 tiket terakhir ke putaran final Piala Asia U17 2023. Karena ada grup yang diisi oleh 3 tim, maka poin runner-up grup yang diisi 5 tim akan disesuaikan. Untuk perebutan runner-up terbaik, laga melawan tim peringkat 4 dan 5 tidak dihitung.

Di klasemen Grup B, Indonesia memang finis dengan 9 poin dan surplus gol +13. Namun, untuk ranking runner-up terbaik, Garuda cuma dihitung memiliki 3 angka (menang lawan peringkat 3, Uni Emirat Arab), dan punya rekor kebobolan -3.

Baca Juga :  Memberikan Manfaat Bagi Petani, Bupati DS Sebut Kartu Tani Sibedas Terus Berkelanjutan

Jalannya pertandingan

Babak pertama benar-benar dilalui Timnas U17 Indonesia dengan buruk. Garuda unggul penguasaan bola dari Malaysia dengan 52 persen berbanding 48 persen. Namun, penyelesaian akhir Malaysia istimewa. Dari 5 tembakan yang mereka lepaskan, semuanya bersarang ke gawang Andrika Fathir.

Kehilangan Iqbal Gwijangge sang kapten sekaligus palang pintu, tampak berpengaruh besar untuk Garuda. Timnas Indonesia U17 tidak bisa mengantisipasi serangan-serangan kilat Malaysia. Hasilnya, adalah gol Zainurhakimi Zain ketika laga baru berjalan 16 menit.

Lini belakang Garuda yang gagap harus kebobolan lagi berselang 3 menit. Dalam sebuah serangan kilat, Malaysia bisa menjebak Timnas U17 dalam situasi 3 pemain lawan vs 1 bek. Mudah saja bagu Arami Wafiy mencetak gol kedua Harimau Muda.

Anjasmirza yang sebelumnya sudah mencetak gol ke gawang Palestina dan UEA, ternyata juga mampu mengoyak gawang Indonesia. Bermula dari keteledoran bek Garuda, Anjasmirza yang dalam tekanan 3 pemain belakang tuan rumah, tetap bisa mengemas gol ketiganya di turnamen.

Afiq Danish tidak mau kalah. Dia menyelesaikan umpan silang datar ke tengah kotak penalti dengan mudah pada menit 27. Skor terus membesar ketika Malaysia mendapatkan hadiah tendangan 12 pas pada menit 39. Penalti yang dieksekusi Arami Wafiy mulus menjebol gawang Andrika Fathir.

Timnas Indonesia U17 yang hancur di babak pertama melakukan perbaikan pada paruh kedua. Namun, tidak ada peluang yang benar-benar mengancam gawang Malaysia yang dikawal Farish Farhan. Sebaliknya, Harimau Muda masih punya 2 kesempatan, dari tembakan jarak jauh dan tendangan sudut.

Menit 86, Riski Afrizal melepaskan tembakan bebas langsung yang masih bisa dihentikan oleh Farish Farhan. Percobaan berikutnya, pada injury time, Arkhan Kaka melepaskan tendangan yang juga mentah. Barulah ketika laga nyaris tidak bersisa lagi, Arkhan mencetak gol ke-7 nya di turnamen.

Baca Juga :  Edwin Senjaya, "Sekitar 60 persen perekonomian Kota Bandung disumbang UMKM"

Skor akhir 1-5, penampilan antiklimaks Timnas U17 di laga terakhir Kualifikasi Piala Asia AFC U17 2023 membuat mereka gagal mengamankan tiket otomatis lolos ke putaran final.

Pencetak Gol: Arkhan Kaka 90+’/ Zainurhakimi Hakim 16′, Arami Wafiy 19′ dan 38′ penalti, Anjasmirza 24′, dan Afiq Danish 27′

Timnas U-17 Indonesia: Andrika Fathir; Rizdjar Nuvriat, Femas Crespo, Sulthan Zaky, Habil Abdillah; Figo Dennis, Riski Afrisal, Achmad Zidan, Kafiatur Rizky; Nabil Asyura, Arkhan Kaka

Timnas Malaysia U-17: M Farish Farhan; Aiman Yusuf, Danish Darus, Adib Ibrahim, Faris Danish, Zainurhakimi Zain; Afiq Danish H., Arami Wafiy, Afiq Danish Z., Danish Iskandar; Anjasmirza

Hasil Kualifikasi AFC U-17 Grup B Hari ini
Berikut hasil pertandingan Kualifikasi Piala Asia AFC U17 Grup B hari ini Minggu (9/10/2022).

Guam vs Palestina skor akhir 0-4

Indonesia vs Malaysia skor akhir 1-5

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sangkuriang Nyaleg (64)

Sen Okt 10 , 2022
Silahkan bagikanHerdi Pamungkas Lalakon Sangkuriang Nyaleg, karangan Herdi Pamungkas mangrupa carita rékaan nu jauh tina kanyataan. Boh ngaran tokoh atawa tempat sadayana fiktif. Ieu carita diserat tujuannana taya sanés lintangti hiburan. Lalakon Saméméhna, Sangkuriang dijawab kitu téh sangkaanana beuki tarik, ngabogaan anggapan lamun manusa anu keur disanghareupanana téh bisa jadi […]