Agar Tak Membosankan Kamar di Rumah Bisa Pakai Partisi, Begini Pesan Arsitek

Editor Ilustrasi rumah dengan dinding portabel. /net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Rumah minimalis memang menjadi tren saat ini, namun terkadang kita merasa bosan dengan tampilan ruangan yang monoton dan kurang privasi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah menggunakan partisi ruangan. Partisi ruangan adalah perabot yang berfungsi untuk memisahkan satu ruang dengan ruang lainnya, baik secara permanen maupun sementara. Dengan partisi ruangan, kita dapat menciptakan suasana yang berbeda di setiap ruangan, sekaligus menambah estetika dan fungsi.

Namun, bagaimana cara memilih partisi ruangan yang tepat untuk rumah minimalis? Apa saja jenis dan material partisi ruangan yang bisa kita gunakan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kami menghubungi arsitek Adil Mochtar, S.T., M.T., yang memiliki pengalaman dalam merancang bangunan gedung negara, swasta, dan rumah tinggal. Berikut adalah tips dan inspirasi dari beliau.

Ketahui beberapa tipe partisi ruangan

Menurut Adil, partisi ruangan secara umum dibagi menjadi dua tipe, yaitu partisi permanen dan sketsel. Partisi permanen adalah partisi yang tidak bisa dipindahkan atau digeser, seperti tembok, kaca, atau kayu. Partisi permanen cocok untuk memisahkan ruangan yang membutuhkan privasi tinggi, seperti kamar tidur, kamar mandi, atau dapur.

Sementara itu, sketsel adalah partisi yang bisa dipindahkan atau digeser, seperti rak buku, tirai, atau rotan. Sketsel cocok untuk memisahkan ruangan yang membutuhkan fleksibilitas, seperti ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang kerja. Sketsel juga bisa menjadi elemen dekoratif yang menarik, karena memiliki berbagai bentuk, warna, dan motif.

Pilih material partisi sesuai tujuan penggunaannya

Adil juga menyarankan untuk memilih material partisi ruangan sesuai dengan tujuan penggunaannya. Material partisi ruangan yang umum digunakan adalah kayu, kaca, rotan, tanaman, dan kain. Masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Baca Juga :  Netmarble Lansir Metaverse Board Game Terbaru, "Meta World: My City"

Kayu adalah material yang alami, hangat, dan kuat. Kayu bisa digunakan untuk partisi permanen maupun sketsel, tergantung dari bentuk dan ukurannya. Kayu juga bisa dijadikan rak buku, sehingga bisa menyimpan barang-barang di dalamnya. Namun, kayu membutuhkan perawatan agar tidak dimakan rayap atau berjamur.

Kaca adalah material yang modern, elegan, dan mampu menciptakan kesan luas. Kaca biasanya digunakan untuk partisi permanen, seperti antara ruang tamu dan ruang makan, atau antara ruang kerja dan balkon. Kaca juga bisa memberikan pencahayaan alami ke dalam ruangan. Namun, kaca kurang cocok untuk ruangan yang membutuhkan privasi, karena transparan.

Rotan adalah material yang eksotis, ringan, dan fleksibel. Rotan biasanya digunakan untuk sketsel, seperti antara ruang tamu dan ruang keluarga, atau antara ruang tidur dan ruang kerja. Rotan juga bisa memberikan nuansa tropis dan etnik ke dalam ruangan. Namun, rotan mudah kotor dan rusak jika terkena air atau sinar matahari langsung.

Tanaman adalah material yang hijau, segar, dan sehat. Tanaman bisa digunakan untuk sketsel, seperti antara ruang tamu dan ruang makan, atau antara ruang kerja dan taman. Tanaman juga bisa memberikan oksigen dan kelembapan ke dalam ruangan, sekaligus menyerap polutan dan bau. Namun, tanaman membutuhkan perawatan agar tetap hidup dan subur.

Kain adalah material yang murah, mudah, dan variatif. Kain bisa digunakan untuk sketsel, seperti antara ruang tamu dan ruang tidur, atau antara ruang kerja dan ruang santai. Kain juga bisa memberikan warna dan motif yang sesuai dengan selera kita. Namun, kain mudah kusut dan kotor, sehingga perlu dicuci secara berkala.

Contoh partisi ruangan yang kreatif dan indah

Baca Juga :  Beli Rumah Bekas? Ini Jenis Pajak yang Harus Anda Pahami

Untuk memberikan gambaran tentang partisi ruangan yang kreatif dan indah, berikut adalah beberapa contoh yang bisa kita tiru atau modifikasi sesuai dengan kebutuhan dan selera kita.

– Partisi ruangan gantung vintageĀ¹: Partisi ini terbuat dari rangkaian bingkai foto, kalender, jam dinding, dan hiasan lainnya yang digantung dengan tali. Partisi ini bisa digunakan untuk memisahkan ruang tamu dan ruang makan, atau ruang kerja dan ruang santai. Partisi ini memberikan kesan vintage dan unik, sekaligus bisa menampilkan kenangan kita.

Partisi ruangan minimalis dari kayu, sekaligus rak buku: Partisi ini terbuat dari kayu yang disusun menjadi rak buku dengan celah-celah di bagian tertentu. Partisi ini bisa digunakan untuk memisahkan ruang tamu dan ruang keluarga, atau ruang kerja dan ruang baca. Partisi ini memberikan kesan minimalis dan fungsional, sekaligus bisa menyimpan buku-buku dan barang-barang kita.

Partisi ruangan modern dari kaca: Partisi ini terbuat dari kaca berbentuk kubus yang disangga tiang. Partisi ini bisa digunakan untuk memisahkan ruang tamu dan ruang makan, atau ruang kerja dan balkon. Partisi ini memberikan kesan modern dan elegan, sekaligus bisa memberikan pencahayaan alami ke dalam ruangan.

Partisi ruangan portable yang dapat digeser: Partisi ini terbuat dari lemari yang dilengkapi dengan roda. Partisi ini bisa digunakan untuk memisahkan ruang tamu dan ruang tidur, atau ruang kerja dan ruang santai. Partisi ini memberikan kesan fleksibel dan praktis, sekaligus bisa dipindahkan sesuai dengan kebutuhan kita.

Partisi ruangan yang multifungsi berupa rak: Partisi ini terbuat dari rak yang bisa digunakan untuk meletakkan barang-barang, seperti tanaman, lampu, atau pajangan. Partisi ini bisa digunakan untuk memisahkan ruang tamu dan ruang makan, atau ruang kerja dan taman. Partisi ini memberikan kesan multifungsi dan dekoratif, sekaligus bisa menambah keindahan ruangan.

Baca Juga :  Dewan Pers dan Polri Terbitkan MoU Sebagai Perlindungan Kebebasan Pers

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kasus TPPO Warga KBB, Kepala BP2MI : Kita Proses, dan akan Bawa Pulang Segera

Sel Feb 6 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | CIPARAY – Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani memberikan tanggapan soal kasus yang menimpa Wildan Rohdiawan, warga asal Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang diduga menjadi korban perdagangan manusia di Myanmar. “Kita pastikan akan proses, membawa yang bersangkutan bisa (pulang) kembali ke tanah […]