Agus Baroya: KPU Kab. Bandung Siap Laksanakan Tahapan Pilkada Serentak 2020

Editor :
Ketua KPU Kab. Bandung Agus Baroya./visi.news/alam

Silahkan bagikan
  • Anggaran Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Bandung yang semula Rp 99 Miliar bakal membengkak menjadi diatas Rp 100 Miliar.

VISI.NEWS – Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengungkapkan anggaran pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah cair 40 persen pada pertengahan Pebruari 2020 lalu sehingga siap melanjutkan tahapan pada 15 Juni 2020 nanti.

“Pada prinsipnya KPU Kabupaten Bandung sudah siap melaksanakan tahapan Pilkada Serentak 2020. Satu sampai tiga hari ke depan kita tinggal menunggu keluarnya PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum, red) yang sekarang sudah berada di Kemenkumham untuk proses sinkronisasi,” ujarnya ketika dihubungi VISI.NEWS, Sabtu (6/6/2020).

PKPU yang nanti dijadikan landasan petunjuk teknis (Juknis), kata Agus, akan menjadi dasar dilakukannya penyesuaian tahapan persiapan dan anggaran. “Jadi kalau juknisnya nanti sudah keluar, kita bisa mengatakan kapan dan apa yang akan dilakukan. Tentunya juga disesuaikan dengan kondisi kita yang masih pandemi Covid-19,” jelas Agus.

Namun yang pasti, kata Agus, anggaran Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Bandung yang semula Rp 99 Miliar bakal membengkak menjadi diatas Rp 100 Miliar. Penambahan anggaran tersebut karena adanya pandemi Covid-19, jumlah pemilih di tiap tempat pemungutan suara (TPS) juga berubah dan sesuai dengan permintaan Mendagri Tito Karnavian untuk mereview kembali anggaran untuk Pilkada Serentak 2020.

Dijelaskannya, dari total anggaran hasil koreksi dan penyesuaian nanti yang sisanya sebesar 50% dicairkan empat bulan sebelum hari “H” pencoblosan 9 Desember 2020. “Dan, sisanya nanti yang 10% dicairkan satu bulan sebelum hari ‘H’,” ujar Agus.

Karena belum adanya juknis baru tahapan Pilkada Serentak 2020 dimasa pandemi Covid-19 ini, kata Agus, pihaknya masih menunggu sambil ikut mendukung Gugus Tugas Covid-19, mensosialisasikan segala hal yang berkaitan dengan pandemi tersebut melalui jejaring sosial. “Sampai hari ini kita hanya membantu Gugus Tugas Covid-19 melalui daring dengan menggunakan fitur media-media sosial disamping mempersiapkan regulasi,” ujarnya.@mpa/asa

Baca Juga :  Satgas Citarum Harum Hijaukan Kawasan Mataair Situs Cikahuripan

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

GNPK-RI: Deding-Yena Diharapkan Bisa Berkomitmen Cegah Korupsi

Sab Jun 6 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Ketua Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (GNPK-RI) Kabupaten Bandung Imam Supardi, M.M., mengatakan, pasangan Deding Ishak dan Yena Iskandar Ma’soem (Golkar-PDI Pejuangan) berpotensi memenangkan Pilkada Serentak 2020, karena dua-duanya disamping punya basis massa juga didukung oleh elit politik nasional. “Saya melihat pasangan ini berpotensi memenangkan Pilkada […]