Ahmad Hidayat Apresiasi Program Pengembangan 100 Desa Wisata

Editor Anggota DPRD Jabar Ahmad Hidayat./visi.news/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mencanangkan pengembangan 100 desa wisata, program ini diaku sebagai upaya pemanfaatan potensi alam dan budaya, pemberdayaan masyarakat, serta percepatan pertumbuhan ekonomi.

Hal ini mendapat apresiasi dari Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Fraksi Golkar dapil Kabupaten Bandung, Ahmad Hidayat, menurutnya sebanyak 50 dari 100 desa wisata yang ditargetkan kini sudah ditetapkan sebagai desa rintisan.

“Saya sangat mengapresiasi, apalagi sudah ada 10 desa yang sudah ditetapkan sebagai desa wisata melalui SK (Surat Keputusan) Bupati,” katanya.

Ke-10 desa wisata yang dimaksud adalah Desa Alam Endah, Desa Gambung, Desa Penundaan, Desa Lebak Muncang, Desa Lamajang, Jelekong, Desa Ciburial, Kampung Cibolerang, Desa Laksana, dan Desa Rawabogo.

“Merujuk Surat Keputusan Bupati Bandung Nomor 556.42/Kop7-Dispopar/2011, desa wisata ini harus segera rampung, pengembangan desa wisata bisa menstimulus pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,” sambungnya.

Yang paling penting adalah, lanjut Ahmad, mengubah kesadaran wisata, potensi alam tersebut masyarakat tidak hanya jadi penonton, tapi menjadi subjek di desa wisata tersebut, namun desa yang tidak memiliki potensi alam, harus bias dikembangkan menjadi desa wisata buatan.

“Dengan tetap mendorong kearifan budaya lokal yang ada di daerah tersebut. Ada kulinernya, seni budaya, dan lainnya itu merupakan bagian yang perlu kita kembangkan,” uajarnya.

Pentingnya pondasi pariwisata berkelanjutan pada setiap pengembangan desa wisata tersebut maka pemkab harus terus berinovasi untuk kemudian mengembangkan berbagai potensi yang ada.
“Makanya kita mengubah cara pengembangan desa. Bukan top-down, tapi dari partisipasi atau keinginan masyarakat,” pungkasnya. @eko

Baca Juga :  Bupati Bandung Doakan Para Calon Jemaah Haji Diberikan Kesehatan dan Keselamatan

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Siap Menuju Ekonomi Hijau Bebas Polusi, Haji Kusnadi : Partai Golkar Bagikan Mobil Listrik Ke DPD Seluruh Indonesia

Sel Okt 11 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS |BANDUNG – Anggota Fraksi Golkar DPRD Jawa Barat (Jabar) Haji Kusnadi menyebutkan, guna menuju ekonomi hijau yang bebas dari polusi, Partai Golkar memberikan 37 mobil listrik kepada Ketua DPD di seluruh Indonesia. Pemberian mobil ramah lingkungan tersebut menyusul dengan adanya penandatanganan berita acara antara Ketum Partai Golkar dengan […]