Ahok Ungkap Sebab Kebakaran Kilang Balongan Pertamina

Editor Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok./cnn indonesia/wella andany/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan salah satu sebab kebakaran yang terjadi di Refinery Unit IV atau Kilang Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Di antaranya adalah kebocoran tangki.

Yang masih belum terjawab, lanjut dia, adalah penyebab pengamanan kebocoran tangki terlambat dilakukan hingga menyebabkan kebakaran yang melukai 30 orang dan 932 warga mengungsi itu.

“Yang pasti tangki bocor, yang belum terjawab kenapa bocor pengamanan terlambat,” jelasnya seperti dilansir CNNIndonesia.com, Jumat (2/4/2021).

Walau tak dapat merinci lebih jauh, ia memastikan saat ini investigasi masih dilakukan oleh Pertamina dan pihak Kepolisian. Seperti diketahui, kilang Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, sejak Senin (29/3/2021). Api baru padam pada Rabu (31/3) dini hari.

Namun, pada Jumat (2/4), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyatakan dua titik api yang berada di tangki T 301 F dan T T301 G sempat kembali menyala.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jabar Hadi Rahmat mengatakan, pada Kamis (1/4) pukul 20.30 WIB, tangki T 301 F yang pada sore hari sudah mulai mengecil belum bisa dipadamkan.

Sementara tangki T 301 G yang pada Rabu (31/3) lalu sudah padam, malam tadi kembali mengeluarkan titik api.

“Sehingga masih ada 2 titik nyala api yang masih dalam upaya pemadaman,” kata Hadi dalam keterangan tertulis pada Jumat (2/4).

Sementara itu, terkait pendataan dampak kerugian akibat kebakaran kilang minyak akan dilakukan oleh pihak Pertamina dalam waktu dekat.

“Sesuai dengan pernyataan pihak Pertamina, tiga hari fokus untuk pemadaman api, setelah itu baru akan mendata kerusakan atau kerugian akibat ledakan tersebut,” ujar Hadi.

Sampai saat ini, penyebab kebakaran kilang Balongan belum diketahui. Aparat kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. Sebanyak 30 orang mengalami luka ringan dampak dari kebakaran tersebut. Selain itu, enam orang mengalami luka berat dan 932 warga mengungsi. @fen

Baca Juga :  PIALA EROPA 2020: Taklukkan Belgia, Italia Melaju ke Semifinal

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Top Skor Piala Menpora 2021: 'Torres' Belum Terkejar

Jum Apr 2 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Assanur ‘Torres’ Rijal dari Persiraja Banda Aceh masih bercokol di posisi teratas daftar top skor Piala Menpora 2021. Sebanyak 22 pertandingan Piala Menpora 2021 telah berlangsung. Sejauh ini sudah tercipta 64 gol, tapi belum ada pemain yang mampu mengoleksi lebih dari tiga gol. Assanur menjadi satu-satunya pemain yang sudah […]