Akhirnya Cina Beri Ucapan Selamat pada Biden dan Harris

Editor Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Cina Wang Wenbin./anews/via sindonews.com.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Cina akhirnya memberi ucapan selamat pada Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden yang memenangkan pemilu 3 November.

Ucapan selamat itu diberikan sepekan setelah Biden mengumpulkan cukup suara untuk menang. Presiden AS Donald Trump belum mengakui kemenangan Biden dan masih mengajukan gugatan hukum.

“Kami menghormati pilihan rakyat Amerika. Kami mengucapkan selamat kepada Biden dan Harris,” ungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Cina Wang Wenbin saat konferensi pers rutin.

Wang menambahkan, “Kami memahami hasil pemilu AS akan ditentukan sesuai dengan hukum dan prosedur AS.”

Penolakan Trump untuk menerima kekalahannya telah menempatkan Beijing dalam posisi yang canggung. Cina enggan melakukan apa pun untuk memusuhi Trump yang telah mengajukan gugatan pengadilan terhadap hasil pemilu tersebut. Trump masih tetap menjabat sampai pelantikan presiden baru pada 20 Januari.

Hubungan antara Cina dan Amerika Serikat berada pada titik terburuk dalam beberapa dekade karena perselisihan mulai teknologi dan perdagangan hingga Hongkong dan virus corona. Tak hanya itu, pemerintahan Trump telah mengeluarkan rentetan sanksi terhadap Beijing.

Tak lama setelah kemenangan Biden, banyak aliansi AS mengucapkan selamat, sementara para pemimpin Cina dan Rusia menunda memberikan ucapan selamat. Namun akhirnya Cina beri ucapan selamat pada Biden dan Harris

Pada 2016, Presiden China Xi Jinping mengirim ucapan selamat kepada Trump pada 9 November, sehari setelah pemilu.

Pemilu AS 2020 menjadi pesta demokrasi yang paling memecah rakyat Amerika. Karena itulah Biden berjanji dalam pidato kemenangannya bahwa tugas pertamanya adalah menyatukan rakyat AS.

Trump tampaknya tak akan membiarkan proses transisi pemerintahan berjalan mulus. Namun Biden yakin tak ada yang dapat menghalangi transisi kekuasaan pada dia.@fen/sindonews.com

Baca Juga :  Terobosan Hisense dalam Teknologi Cip Kualitas Gambar "8K AI" Menggerakkan Industri Layar Global

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Bertambah 5.272 Kasus, Total Positif Covid-19 463.007 Orang

Sab Nov 14 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Jumlah warga yang positif virus corona (Covid-19) di Indonesia, per Sabtu (14/11/2020), mencapai 463.007 orang, setelah ada tambahan 5.272 kasus baru. Berdasarkan data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, dari jumlah total kasus itu, 388.094 orang di antaranya dinyatakan sembuh. Angka ini didapat setelah ada tambahan kasus sembuh per […]