Alhamdulillah, Angka Perceraian di Kota Bandung Menurun

Editor Ilustrasi. /st3.depositphotos.com
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Alhamdulillah, angka perceraian di Kota Bandung mengalami penurunan pada 2023. Laman Instagram @bdg.data menulis, pada 2023 Kota Bandung menempati urutan ke-6 dengan jumlah kasus perceraian tertinggi di Jawa Barat, mencapai 5.861 kasus. Jumlah ini menurun dari 7.365 perkara perceraian yang dilansir Pegadilan Agama di tahun 2022.

Untuk diketahui, secara umum pada 2023, jumlah kasus perceraian di Jawa Barat mencapai 102.280. Angka ini mengalami penurunan 10 persen dari tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, Open Data Kota Bandung menyebut lebih dari tiga per empat kasus perceraian di Kota Bandung merupakan cerai gugat, menandakan bahwa lebih banyak perceraian diinisiasi oleh pihak perempuan daripada pihak laki-laki.

Di sisi lain, Pemkot Bandung memiliki sejumlah instrumen untuk penguatan keluarga. Salah satunya Puspaga Kota Bandung, yang merupakan program dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bandung.

Program penguatan keluarga berbasis perlindungan terhadap anak dan perempuan ini sejalan dengan upaya mencegah potensi konflik di level keluarga, yang berujung perceraian ataupun kekerasan terhadap anak dan perempuan.

Selain mengedukasi orang tua lewat peningkatan pemahaman keluarga, Puspaga juga meningkatkan peran semua anggota dalam keluarga.

Oleh karenanya, Wargi Bandung diminta agar tidak ragu berkonsultasi dengan Puspaga Kota Bandung atau DP3A Kota Bandung terkait ketahanan keluarga. Akses atau kanal media sosial yang mudah dijumpai antara lain melalui akun Instagram @puspaga.bdg atau @bdg.dp3a.

@uli

Baca Juga :  Presiden Jokowi Hari ini ke Sumut untuk Tinjau dan Resmikan Sejumlah Infrastruktur

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

VISI | Ketika Perang Tak Jadi Penghalang Bagi Pencari Kerja yang Putus Asa

Kam Apr 25 , 2024
Silahkan bagikanOleh Chandan Nandy Editor Komisioning 360info MIGRASI paling mudah dijelaskan dalam istilah berikut: orang berpindah dari satu negara ke negara lain jika manfaat yang diharapkan melebihi biayanya. Artinya, jika ada pekerjaan dan upah yang lebih baik. Namun bagaimana kita menjelaskan perpindahan tenaga kerja dari negara-negara tertentu di India ke […]