Aminah Cendrakasih jadi Google Doodle, Apa Kiprahnya

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Google Doodle hari ini, Senin (29/1/2024), menghiasi laman pencarian dengan gambar Aminah Cendrakasih, aktris senior yang dikenal sebagai Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Google Doodle ini merupakan bentuk penghargaan kepada Aminah Cendrakasih yang hari ini genap berusia 86 tahun.

Aminah Cendrakasih lahir di Jakarta pada 29 Januari 1938 dari keluarga seniman. Ayahnya, Husni Nagib, adalah seorang komedian, dan ibunya, Wolly Sutinah, adalah seorang aktris. Aminah Cendrakasih mengikuti jejak orang tuanya dan mulai berakting sejak remaja.

Debut film pertamanya adalah Asrama Dara pada tahun 1958. Sejak itu, ia telah membintangi lebih dari 100 film, baik sebagai pemeran utama maupun pendukung. Beberapa film terkenal yang dibintanginya antara lain Serampang 12, Taman Harapan, dan Si Doel Anak Betawi.

Aminah Cendrakasih juga dikenal sebagai aktris televisi yang sukses. Ia paling populer dengan perannya sebagai Mak Nyak, ibu dari tokoh utama Si Doel, dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang tayang sejak tahun 1994 hingga 2005. Peran ini juga ia lanjutkan dalam seri film Si Doel The Movie yang dirilis sejak tahun 2018.

Atas kiprah dan dedikasinya di dunia perfilman, Aminah Cendrakasih telah menerima berbagai penghargaan, seperti Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional pada tahun 1992, Lifetime Achievement Award dari Festival Film Bandung pada tahun 2013, dan Lifetime Achievement Award dari Festival Film Indonesia pada tahun 2019.

Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada 21 Desember 2022 di usia 84 tahun karena menderita kelumpuhan dan glaukoma. Namun, karya dan prestasinya tetap dikenang dan dihormati oleh masyarakat Indonesia, termasuk oleh Google yang mengabadikannya dalam Google Doodle.

Baca Juga :  PPKM Darurat, Gerak Warga Dipantau via Platform Digital

@uli

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pisang Tanduk Berkhasiat, Begini Cara Milih Bahan dan Merebusnya

Sen Jan 29 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Pisang tanduk adalah salah satu jenis pisang yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pisang tanduk kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu mencegah dan mengatasi berbagai penyakit, seperti diabetes, kolesterol, hipertensi, dan anemia . Salah satu cara mengolah pisang tanduk yang mudah […]