Analisis Lembaga Survei, Jokowi Bisa Jadi Penentu Kemenangan Pilpres 2024

Editor Presiden Jokowi terlihat akrab dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menahan Prabowo Subianto saat meninjau panen raya di Kebumen. /visi.news/net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menilai, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi tokoh kunci penentu konstelasi dan pemenang Pilpres 2024. Menurutnya, Jokowi bakal mempengaruhi sejumlah ketua umum partai politik di kabinetnya untuk menentukan pasangan capres dan cawapres yang akan diusung.

“Jokowi masih menjadi pemimpin kabinet sampai Oktober 2024. Sebagian ketua umum partai adalah anggota kabinet. Mereka pasti membaca aspirasi Jokowi,” ujar Qodari dalam diskusi Indo Barometer di Hotel FX Sudirman, Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Qodari menyebut, pertimbangan Jokowi akan masih dijadikan preferensi oleh ketua umum partai, termasuk soal keberlanjutan program kerjanya.

“Dalam konteks keberlanjutan program kerja dan pembangunan, preferensi Jokowi menjadi perhatian dan pertimbangan para ketua partai dalam menentukan capres di 2024,” ucapnya.

Alasan selanjutnya, kata Qodari, Jokowi merupakan presiden petahana dua kali yang memiliki basis pemilih kuat dan tersebar di seluruh Indonesia. Di antaranya ada di daerah terkuat yang merupakan kantong-kantong mayoritas pemilih seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan kawasan Indonesia Timur.

“Jokowi adalah presiden 2 kali yang pasti banyak pendukung nya karena pernah dicoblos 2 kali (menang). Tentu arah pilihan Jokowi jadi perhatian dan pertimbangan pemilih. Mereka akan ikut kode-kode Jokowi,” jelasnya

Qodari melanjutkan, sebagai tokoh politik, Jokowi memiliki jaringan relawan yang luas terbentuk dan tetap aktif semenjak ia menjadi calon presiden di 2014 hingga sekarang.

“Ciri khas Jokowi adalah memiliki relawan dan jaringan relawan yang luas dan sudah aktif dari 2013 sampai sekarang. Mereka ini adalah jaringan yang ampuh untuk memenangkan pilpres,” jelasnya.

Selain itu, tambah Qodari, Jokowi memiliki tingkat kepuasan yang tinggi pada satu tahun sebelum masa pencoblosan, yakni di angka 72,3%.

Baca Juga :  Modus Baru Kelabui Petugas, Penjual Sembunyikan Stok Miras di Rumah Kos

“Artinya, Jokowi masih memiliki pengaruh besar di masyarakat karena modal kepuasan yang tinggi,” ungkap Qodari.

Qodari menilai, hal itu kontras jika dibandingkan dengan pemimpin sebelumnya, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kala itu punya kepuasan yang relatif rendah dalam potret survei.

“Tingkat kepuasan pada Jokowi 1 tahun menjelang pilpres 2024 relatif tinggi. Ini kontras dengan kepuasan pada SBY jelang pilpres 2013 yg hanya di kisaran 35-40% saja,” jelas Qodari.@mpa/mdk

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dalam Ketenangan, ALVA Raih Kemenangan di Bulan Ramadan Melalui Sejumlah Aktivitas Menarik

Rab Mar 22 , 2023
Silahkan bagikan Ajak berbagai komunitas dan masyarakat ikuti test ride sambil berdonasi.  VISI.NEWS | JAKARTA – PT. Ilectra Motor Group (IMG), perusahaan lifestyle mobility solution yang hadir melalui merek motor listrik ALVA, siap menyambut bulan suci Ramadhan yang jatuh di bulan Maret tahun 2023 ini. Mengusung tema “Dalam Ketenangan, Raih Kemenangan”, […]