Angka TPT di Kabupaten Bandung Terus Menurun, Rukmana : Disnaker Bersedia Fasilitasi Perusahaan dan Pencari Kerja

Silahkan bagikan

VISINEWS |BANDUNG – Pasca pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan di tengah pemulihan ekonomi, jutaan para pencari kerja antusias berusaha untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan harapan dan keinginannya.

Di Kabupaten Bandung misalnya, sebanyak 40.000 orang ditargetkan dapat terserap diberbagai perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Bandung dan sekitarnya per tahun 2022 ini, sehingga berdampak pada berkurangnya jumlah pengangguran.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung saat ini menargetkan 40 ribu orang agar terserap di dunia kerja, sehingga angka pengangguran yang mencapai 140 ribu tersebut bisa berkurang,” kata Kadisnaker Kabupaten Bandung, Rukmana.

Dihubungi VISI.NEWS, Selasa (21/6/22), Rukmana menjelaskan, upaya dalam menekan angka pengangguran, baru-baru ini Pemkab Bandung melalui Disnaker telah menggelar Job Fair (Bursa Kerja) yang melibatkan 10 perusahaan.

“Dari 10 perusahaan tersebut tersedia lowongan kerja sekitar 700 lowongan kerja, dan kegiatan rutinitas ini merupakan salah satu upaya dalam menekan angka pengangguran di Kabupaten Bandung,” jelasnya.

Sekedar informasi, sebanyak kurang lebih sebanyak 3.000 pencari kerja tercatat dalam data AK1 atau biasa disebut dengan Kartu Kuning, sehingga dari data AK1 tersebut bisa diketahui berapa banyak para pencari kerja di Kabupaten Bandung.

“Sementara, angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Bandung tahun 2021 sebanyak 8,32 persen, cenderung menurun jika dibandingkan dengan tahun 2020 yakni 8,58 persen, target tahun 2022 harus turun ke angka 8,15 persen,” ungkap Rukmana.

Terakhir, dengan adanya Job Fair dan upaya lainnya yang dilakukan pemkab hingga saat ini diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bandung, serta meminta pihak perusahaan agar terus melakukan rekruitken tenaga kerja sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga :  Ai Rahmayanti Perempuan Asal Garut yang Duduk Sebagai Wasekjen PBNU, Ini Profilnya

“Mudah-mudahan dengan Job Fair ini bisa mengurangi angka pengangguran, Disnaker bersedia memfasilitasi pihak perusahaan dan pencari kerja bertujuan untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten Bandung,” pungkasnya. @eko/alfa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

10 Kapolres di Jajaran Polda Jatim Berganti

Sel Jun 21 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – 10 kapolres di jajaran Polda Jatim berganti. Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram (TR) Kapolri Nomor: ST/1214/VI/Kep/2022 tanggal 20 Juni 2022. Kapolres yang bergeser itu adalah Kapolres Magetan, Kapolres Ngawi, Kapolres Trenggalek, Kapolres Bangkalan, Kapolres Pacitan, Kapolres Batu, Kapolres Sumenep, Kapolres Mojokerto Kota, Kapolres Tulungagung […]