Anies Baswedan Diangkat Jadi Anggota Board Universitas Oxford: Tidak Sekedar Belajar dari Dunia Tetapi Juga Beri Pelajaran

Editor Anies Baswedan diangkat menjadi anggota board, acara tersebut berlangsung di Universitas Oxford. (foto. Instagram Anies Baswedan/ Visi-News)
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | OXFORD – Anies Baswedan diangkat menjadi anggota board, acara tersebut berlangsung di Universitas Oxford, (13/1/2023) waktu setempat.

Hal tersebut seperti disampaikan pada unggahan akun instagram pribadinya Anies Baswedan @aniesbaswedan, pada (13/1/2023).

Sementara itu Anies Baswedan pada story instagram menuliskan bahwa dirinya telah diangkat menjadi anggota board, yang diselenggarakan sore kemarin di Universitas Oxford.

“Pengangkatan menjadi anggota board, itulah kegiatan sore tadi di Universitas Oxford,” tulisnya.

Oxford merupakan salah satu universitas berbahasa inggris tertua tertua di dudia yang berdiri sejak tahun 1096.

“Didirikan 1096, menjadikan Universitas Oxford universitas berbahasa inggris tertua dan salah satu universitas tertua di dunia,” lanjutnya.

Menurutnya, Universitas tersebut memiliki sejarah yang sangat panjang serta mempunya pengaruh secara global.

“Selama 927 tahun perjalanannya, Universitas Oxford tercatat dalam sejarah atas berkontribusi yang amat besar dalam membentuk konsep tentang kampus, pendidikan tinggi, riset dan pengembangan ilmu pengetahuan di dunia perguruan tinggi. Universitas ini memiliki sejarah yang amat panjang dan pengaruhnya global,” jelasnya.

Diketahui, Anies Baswedan merupakan calon presiden yang diusung partai Nasdem ini mengungkapkan, Universitas Oxford kembali membuat sejarah baru yaitu mendirikan Institute for ASEAN Studies.

“Pada tahun 2023 ini, Universitas Oxford kembali membuat sejarah baru yaitu mendirikan Institute for ASEAN Studies sebagai bagian dari Oxford School of Global and Area Studies,” sambungnya.

“Beberapa waktu yang lalu mereka mengundang untuk menjadi anggota Dewan Pendiri pada institusi baru ini (Founding member of international advisory board at the Institute of ASEAN Studies at the University of Oxford). Kami sampaikan bersedia dengan harapan bisa membawa pengalaman Indonesia dan ASEAN ke gelanggang dunia,” meneruskan.

Baca Juga :  Bobby Nasution Jumpa Akhyar di Psikotes: Izin ya, Uda

Munurut Anies Baswedan, baru pertama kali dalam sejarah orang yang berasal dari Indonesia di undang bahkan menjadi anggota sebuah dewan di Universitas Oxford.

“Dalam sejarahnya, ini pertama kalinya seorang berasal Indonesia diundang untuk menjadi anggota sebuah dewan di Universitas Oxford. Selama ini sudah ada anggota board dari Asia antara lain dari India, China, Jepang, Singapore atau Malaysia tapi belum ada dari Indonesia,” lanjutnya.

Pengangkatan dirinya dipimpin Prof Timothy Powers, yang dilakukan pada sebuah upacara singkat untuk meresmikan pengangkatannya.

“Sore tadi dilakukan sebuah upacara singkat untuk meresmikan mengangkatan sebagai anggota dewan pendiri dan dewan pengarah yang prosesinya dipimpin oleh Prof Timothy Powers. Sungguh sebuah kehormatan diangkat menjadi board di sebuah kampus terkemuka di dunia,” terangnya.

Pengangkatan Anies Baswedan dilakukan di ruang bersejarah yang dulunya pernah digunakan sebagai kantor penerbit oxford sejak era tahun 1500an, sekitar 500 tahun yang lalu.

“Upacara ini dilakukan di sebuah ruangan bersejarah yaitu ruangan yg dulunya digunakan sebagai kantor penerbit oxford sejak era tahun 1500an, sekitar 500 tahun yang lalu. Di ruangan inilah lokasi penyusunan Oxford Dictionary, kamus bahasa inggris tertua. Semua kayu di dinding, meja, kursi dan kondisi ruangan dipertahankan sesuai kondisi aslinya,” ungkapnnya.

Anies Baswedan punya harapan dengan pengangkatan dirinya bisa menjadi kanal baru untuk membawa pengalaman Indonesia dan Asia Tenggara sebagai pembelajaran bagi dunia. Tidak sekadar belajar dari duinia tetapi ikut memberi pelajaran bagi dunia.

“Semoga peran baru Universitas Oxford ini akan menjadi kanal baru untuk membawa pengalaman kita Indonesia dan Asia Tenggara sebagai pembelajaran bagi dunia. Kita datang di gelanggang dunia, bukan sekadar untuk belajar dari dunia, tapi juga untuk ikut memberi pelajaran bagi dunia,” pungkasnya.@kly

H Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polres dan Kodim Gelar Operasi Bersama, Ada Perintah Tembak di Tempat

Sab Jan 14 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Kabupaten Bandung, Polresta Bandung bersama Kodim 0624 menggelar patroli kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) Patroli KRYD berskala besar tersebut menyasar disepanjang Jalan Gading Tutuka hingga exit tol Soroja. Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, patroli KRYD […]