Anies dalam Berkomunikasi Sering Menggunakan Kata “Kami”, Kenapa? Ini Alasannya

Editor Bakal calon presiden Anies Baswedan menyampaikan orasi dalam aksi Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023). /visi.news/kbanews
Silahkan bagikan
  • Perlu kami sampaikan bahwa ketika kami bertugas di Jakarta, maka ada begitu banyak izin-izin gereja yang mandek 30-40 tahun dan tuntas dibereskan. #aminkanindonesia

VISI.NEWS | JAKARTA  – Capres 2024 Anies Baswedan selalu menarik dibahas. Terlebih mantan Gubernur DKI Jakarta itu kini adalah kandidat kuat untuk pemimpin Indonesia selanjutnya.

Salah satu yang menarik dari Anies Baswedan adalah selalu menggunakan kata “kami” setiap kali ia menyampaikan sesuatu. Entah dalam pidatonya atau hal lain saat menjelaskan sesuatu kepada publik.

Lalu apa alasannya selalu menggunakan kata “kami” tersebut?

Kata “Kami” diucapkan oleh mantan Rektor Universitas Paramadina itu untuk menegaskan dirinya sebagai perwakilan dari masyarakat, khususnya mereka yang mendukungnya selama ini.

Kata “kami” yang dipakai Anies Baswedan juga menunjukkan bahwa kerja-kerja suksesnya tak hanya diklaim sebagai miliknya sendiri. Tetapi hasil dari kerja kolaborasi.

Dalam debat perdana di KPU, Jakarta beberapa waktu lalu misalnya. Kata “kami” selalu dipakai oleh Anies saat menjelaskan sesuatu atau menjawab pertanyaan-pertanyaan dari lawan debat.

Misalnya, saat Anies menyampaikan bahwa pihaknya sudah menuntaskan izin-izin pembangunan gereja yang mandek selama puluhan tahun di DKI Jakarta.

“Perlu kami sampaikan, bahwa ketika kami bertugas di Jakarta, maka ada begitu banyak izin-izin gereja yang mandek 30-40 tahun dan tuntus dibereskan,” kata Anies saat itu.

Budayawan Ahmad Nurullah juga sependapat, jika pemakaian kata “kata” yang digunakan oleh Anies Baswedan menunjukkan bahwa kerja-kerja suksesnya tak hanya diklaim sebagai miliknya sendiri. Tetapi hasil dari kerja kolaborasi.

Hal itu disampaikan saat diwawancarai oleh KBA News di wilayah Jalan Cengkir, Utan Kayu, Jakarta Timur, Senin, 18 Desember 2023.

Baca Juga :  Haru dan Syukur Menyelimuti Jemaah Saat Umrah Dibuka Kembali

“Ya artinya itu sebagai indikasi bahwa Anies bicara tak hanya sekedar mewakili dirinya sendiri sebagai individu atau sebagai personal. Tapi dia dengan sadar bicara sebagai sebuah elemen bangsa,” katanya.

Menurutnya, penggunaan kata “kami” di dalam statement-statement suami Fery Farhati itu bisa dipahami sebagai ekspresi kesadarannya sebagai sebuah bangsa.

“Atau sebagai sebuah elemen bangsa. Jadi dia bicara atas nama bangsa. Begitu yang saya maksud,” ujarnya.

@mpa/kba

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Flu dan Batuk Kembali Merebak, Makan 2 Butir Telur Rebus Tiap Hari dan Lihat Khasiatnya

Rab Des 20 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Flu dan batuk merupakan penyakit yang sering menyerang masyarakat Indonesia, terutama saat musim hujan. Penyakit ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan kualitas hidup. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara sederhana untuk mencegah dan mengatasi flue dan batuk? Yaitu dengan mengonsumsi dua butir telur rebus […]