Antisipasi Libur Long Weekend, PT KAI Tambah 13 Persen Perjalanan

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto./visi.news/tok suwarto.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Mengantisipasi kemungkinan terjadi lonjakan jumlah penumpang pada masa libur Maulid Nabi Muhammad saw. dan cuti bersama akhir Oktober 2020, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta menambah perjalanan sekitar 13 persen dari kapasitas yang berlaku dalam masa kenormalan baru.

KA yang akan melayani penumpang jurusan kota-kota di wilayah Daop 6 Yogyakarta, setidaknya tercatat sebanyak 7 KA eksekutif dan 14 KA kelas bisnis dan ekonomi.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, menjelaskan kepada VISI.NEWS, Sabtu (24/10/2020) petang, penambahan perjalanan KA sebanyak 13 persen tersebut sesuai dengan kebijakan PT KAI dalam mengantisipasi meningkatnya jumlah pelanggan pada masa libur long weekend.

Di antara KA eksekutif dengan tujuan atau melintas kota-kota di wilayah Daop 6, yaitu KA Argo Dwipangga, KA Taksaka keduanya ditambah KA fakultatif, KA Argo Wilis, KA Argo Lawu, KA Bima, KA Gajayana, dan KA Turangga.

“Pada masa libur panjang akhir pekan nanti, KAI siap melayani pelanggan dengan menambah perjalanan KA. Dengan begitu akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat,” ujarnya mengutip pernyataan VP Public Relations KAI, Joni Martinus.

Berdasarkan data PT KAI, jumlah perjalanan KA jarak jauh yang melayani pelanggan periode 27 Oktober sampai 1 November 2020 sebanyak 505 KA. Jumlah itu naik 13 persen dibanding pada 20 – 25 Oktober 2020 sebanyak 448 KA.

“KA favorit yang dapat dipesan di masa long weekend, di antaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi – Gambir pp, KA Argo Parahyangan relasi Bandung – Gambir pp, KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng – Jakarta Kota pp, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi – Pasar Senen pp, dan berbagai KA lainnya. Peningkatan jumlah perjalanan KA, otomatis menambah jumlah tempat duduk KA jarak jauh pada 27 Oktober sampai 1 November 2020 sebanyak 221.193 tempat duduk, atau naik 13 persen dibanding dengan 20 – 25 Oktober 2020 sebanyak 195.211 tempat duduk,” jelasnya.

Eko Budiyanto mengungkapkan, tiket KA long weekend libur Maulid Nabi Muhammad saw. dan cuti bersama akhir Oktober, sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh kanal penjualan resmi KAI.

Pihak PT KAI juga memberikan railpoint dari setiap pembelian tiket KA jarak jauh komersial, dengan melakukan registrasi di aplikasi KAI Access versi terbaru. Selain itu, dengan melakukan transaksi tiket KA di aplikasi KAI Access, pelanggan dapat langsung memesan Taksi Bluebird untuk melanjutkan perjalanan dari stasiun kedatangan ke tujuan akhir secara praktis.

“KAI tetap menerapkan protokol kesehatan saat melayani pelanggan pada libur long weekend. Protokol kesehatan yang dikenakan bagi penumpang, di antaranya diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan surat bebas Covid-19 yang masih berlaku. PT KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk, untuk menjaga jarak antar penumpang selama dalam perjalanan,” jelasnya.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta menambahkan, PT KAI juga menyediakan layanan rapid test di 30 stasiun, yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Tegal, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Blitar, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau. Layanan rapid test di stasiun itu untuk memudahkan calon penumpang agar tidak perlu mencari tempat rapid test di luar. @tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Wisuda ke-79 UIN Bandung Digelar Virtual

Sab Okt 24 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si, melantik 1.000 lulusan pada Wisuda ke-79 secara virtual melalui telekonferensi aplikasi zoom dan disiarkan langsung pada kanal YouTube UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Sabtu (24/10/2020). Ke-1.000 wisudawan itu berasal dari Fakultas Ushuluddin 88 orang, Fakultas […]