Apa Itu AI Chatbot? Mengapa Chatbots Penting untuk Bisnis Anda?

Editor Ilustrasi. /kriyatec.com
Silahkan bagikan
  • “Tahukah Anda bahwa 53% konsumen cenderung membeli dari bisnis yang dapat mengirim pesan?”

VISI.NEWS | BANDUNG – Pengalaman pelanggan adalah salah satu kekuatan utama yang menggerakkan roda gila bisnis baik itu B2C atau B2B atau apa pun. Jika kita tidak berada dalam jangkauan mereka kapan pun mereka membutuhkan kita, ada cukup banyak pemuda di luar sana yang bermulut besar terbuka lebar untuk menelan mereka.

Apakah Anda ingin memindahkan prospek Anda ke saluran pemasaran dalam waktu singkat dengan mudah?

Lalu jadikan AI Chatbot sebagai teman baru Anda untuk mengatakan “Halo! Apa yang bisa kami bantu?” kepada pelanggan tanpa mempedulikan hal tersebut

  • Waktu
  • Bahasa
  • Bisnis
  • Demografi
  • Pengetahuan Teknis, dll.

Asisten Digital Pribadi Anda

Apa itu AI Chatbot?

Chatbots adalah asisten digital, sebuah perangkat lunak yang menyimulasikan percakapan manusia dalam bahasa alami dengan teks, gambar, video, dokumen yang sudah dimasukkan sebelumnya. Jika didukung dengan Kecerdasan Buatan, prediksi menjadi lebih akurat dan percakapan menjadi lebih natural.

Beberapa Contoh Chatbot

Tech Giants sudah melakukan investasi besar dalam AI Chatbot Research yang menggabungkan emosi manusia dan teknologi. Lebih dari 3.00.000 chatbot FB Messenger aktif digunakan oleh bisnis yang berfokus pada 1,3 miliar pengguna Facebook.

Google MEENA: Chatbot MEENA Google dilatih dengan 2,6 miliar parameter dan 341 GB data yang membuatnya merespons percakapan dengan bijaksana.

Koin: Ini adalah Chatbot dari JP Morgan Chase untuk menganalisis kontrak kompleks yang menghemat lebih dari 3,60,000 jam kerja manual.

Pelatih kesehatan: Ini adalah asisten layanan kesehatan berbasis suara dan teks cerdas yang dirancang oleh KriyaTec yang dapat membantu pasien Diabetes dalam rutinitas perawatan kesehatan mereka.

Baca Juga :  SEHAT: 7 Kebiasaan yang Merusak Otak

Bump: Ini adalah chatbot dari grup rumah sakit Cloudnine yang dirancang untuk ibu hamil. Ini membantu mereka membuat janji temu untuk konsultasi dan bahkan membantu rutinitas makan mereka.

Bot BigB Flipkart: Chatbot ini mendatangkan 1,3 lakh pengguna dalam waktu 7 hari untuk Flipkart dengan lebih dari 9,8 Lakh interaksi selama Penjualan Miliar Besar. Bagian terbaiknya adalah Big B (Amitabh Bachchan) yang juga menjawab pertanyaan produk kami dalam bahasa Hindi.

Mengapa bisnis membutuhkan AI Chatbot?

Pelanggan berniat berinteraksi dengan bisnis karena berbagai alasan mulai dari pertanyaan darurat hingga pencarian dokumen sederhana.

Laporan yang disiapkan oleh upaya kolaboratif Survey Monkey, Audience, Drift, Salesforce, Kepintaran saya menunjukkan kasus penggunaan Chatbots,

Kasus Penggunaan Chatbot

Bagaimana AI Chatbots meningkatkan Bisnis?

Setiap bisnis memiliki situs web atau platformnya sendiri untuk memamerkan produk/layanan mereka kepada dunia dan USP dibanjiri di dunia digital oleh para pemasar dan profesional penjualan.

Kami kehilangan prospek karena berbagai alasan. Mari kita lihat bagaimana chatbots dapat memitigasinya,

Bot Obrolan 24/7

Masalah #1: Tidak Tersedia Tepat Waktu

Sulit bagi organisasi untuk menyediakan diri mereka 24/7, 365 hari bagi pelanggan. Dan banyak organisasi suka mengurangi investasi pada tim dukungan pelanggan dan menggunakan tim tersebut untuk tugas bisnis inti lainnya.

Bisakah kami menyelamatkan Tim Dukungan kami dari kurang tidur dan menyelesaikan eskalasi pelanggan Anda 24/7 pada saat yang bersamaan?

Solusi: AI Chatbots “Siap Melayani Anda 24/7/365”

Masalah #2: Proses Panjang

Bayangkan, kami membuat iklan luar biasa yang cukup menarik perhatian calon pelanggan.

Apa langkah selanjutnya?

Klik iklan >> akan masuk ke website kami >> halaman kontak >> isikan nama,email,kontak, Deskripsi persyaratan >> tunggu tanggapannya.

Apakah pelanggan kita punya banyak waktu untuk melakukan semuanya? Merupakan pekerjaan berat untuk membuat pelanggan kami membuat keputusan pembelian dengan rentang perhatian 8 detik. Navigasinya harus sederhana sehingga dapat menjawab pertanyaan mereka dengan segera tanpa membuat mereka mengarahkan kursor ke banyak tab

Baca Juga :  Bella Hadid dan Keluarga Alami Teror selama Perang Israel-Hamas, Ayahnya Diusir dari Palestina

Solusi: “Chatbot”

Bagaimana jika langkah selanjutnya adalah,

Klik pada iklan >> Mendarat ke Chatbot Whatsapp “Priya”

Priya >> “Halo, saya Priya. Bagaimana saya bisa membantu Anda hari ini?”

Pelanggan >> Saya perlu membuat janji untuk potong rambut. Aku terlihat seperti manusia gua karena penguncian ini.

Priya >> Ha.. ha.. Jangan khawatir. Stylist kami akan mengungkap bagian dalam Tom Cruise. Kami ada janji pada jam 15.00, 17.00 & 20.00. Yang mana yang Anda sukai?

Pelanggan >> 15.00 akan berhasil untuk saya.

Priya >> hmm…selesai. Janji temu Anda dipesan dengan Ms.Sara pada pukul 15.00. Apakah Anda ingin memanfaatkan penawaran wajah 50% kami setelah potong rambut? Itu hanya untuk 2 hari.

Pelanggan >> Tentu.

………

Penjualan Ditutup.Penjualan berakhir dalam waktu 5 menit tanpa membuat pelanggan kami merasa seperti sedang mengobrol dengan bot!

Masalah #3: Hambatan bahasa

Razvitiye chatbota stalo proshche atau KriyaTec”

Chatbot multibahasa

Apakah adil jika mengharapkan semua orang memahami hal di atas? Tidak terlalu benar. Tapi saya bisa mengesankan prospek Rusia saya dengan ini.

Ada lebih dari 7000 bahasa yang digunakan di seluruh dunia saat ini. Dan aksennya berbeda dari orang ke orang.

Semua upaya peretasan pertumbuhan kami harus selaras dengan pelanggan kami persona terutama ketika bisnisnya tersebar di seluruh dunia. Namun apakah mungkin mempekerjakan dan melatih sumber daya sebanyak itu?

Solusi: Kita dapat membuat beberapa chatbot untuk setiap bahasa asli atau kita dapat menggunakan satu chatbot untuk mendukung beberapa bahasa dengan pelatihan yang tepat dan perubahan pada framework.

Masalah #4 Hambatan Emosional

Pelanggan dapat dengan mudah terpicu untuk meninggalkan produk kami ketika Eksekutif Dukungan kami tidak dapat menerima penelepon. Bagaimanapun, kita adalah manusia yang terikat oleh emosi kita.

Baca Juga :  Ema Sumarna Minta Disbudpar Kota Bandung Refleksikan Budaya Main Angklung dengan Kegiatan Keseharian

Chatbot bebas dari hambatan emosional

Seorang Eksekutif Dukungan Pelanggan yang bekerja selama 9 jam sehari menjawab banyak pertanyaan dari pengunjung mungkin tidak merespons dengan energi dan antusiasme yang sama seperti yang dia lakukan pada panggilan pertama.

Dan jika dia melakukan hal itu selama bertahun-tahun, situasinya akan lebih buruk lagi. Pelanggan hanya dapat mendengar suara jangkrik.

Solusi: Chatbots, jika didukung oleh AI, akan menarik ‘n’ pelanggan ke percakapan yang bermakna dan bebas hambatan SECARA SIMULTAN tanpa mengurangi keseruannya. Mereka hanya mematuhi aturan.

Di atas hanyalah beberapa manfaat chatbot.

Potensinya sangat besar dan ramah kantong jika dibandingkan dengan mengembangkan aplikasi untuk produk Anda.

@mpa/kriyatec.com

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bakal Nyalon Gubernur Jawa Barat dari Nasdem, Ini Profil Ilham Akbar Habibie

Sab Jun 8 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Ilham Habibie, putra dari Presiden ke-3 RI, B.J. Habibie, dikenal sebagai pakar penerbangan dan pengusaha sukses. Ia memiliki visi untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat melalui penguatan industri, pendidikan tinggi, kreativitas masyarakat, serta pengembangan sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan pariwisata. Ketua Umum Partai NasDem, […]